7 Senjata Bisnis Online

Siapa yang saat ini tidak mengenal online shop ? Ditengah kesibukan rutinitas pekerjaan saat ini kadang membuat sebagian orang tidak sempat untuk berbelanja kebutuhan mereka. Misalnya bagi Anda yang seharian ngantor, tentu agak susah dan malas jika hari biasa harus pergi ke mall hanya untuk sekedar membeli baterai BlackBerry Anda yang mulai bocor. Ketimbang Anda harus bermacet-macetan dan menguras waktu, dengan berbelanja secara online dapat memangkas semua masalah tersebut.

Sistem belanja online yang mudah serta harga barang yang terkadang lebih murah dibandingkan jika berbelanja langsung di mall tentu menambah kemauan orang untuk berbelanja secara online. Malah saat ini sebagian orang sudah mulai menjadikan belanja online sebagai salah satu solusi mereka jika ingin membeli sesuatu. Cukup dengan membuka internet dan membuka website toko online tersebut. Jika belum tahu dimana sumber belanjanya, mereka dapat dengan mudah mencari di mesin pencari seperti Google.

Saat ini ada perusahaan besar seperti Lazada dan Dinomarket pun menggunakan media online sebagai senjata pamungkas mereka. Mengapa mereka menggunakan media online sebagai alat promosi ? Mudah saja, media online merupakan media yang saat ini hampir dipakai oleh semua orang baik di Indonesia dan di luar negeri. Selain itu hampir semua media online disediakan secara GRATIS untuk kita semua. Yang paling hebat, ketika Anda sudah go online, dengan serta merta cakupan pasar Anda sudah langsung mendunia karena semua orang bebas mengakses di dunia online.

senjata-bisnis-onlineFoto : Salah satu bagian presentasi seminar “Cara Asyik Bisnis Online”

Untuk membuat bisnis online pun memang tidak susah, bahkan jika Anda sendiripun belum punya cukup modal uang untuk berbisnis. Anda bisa saja tetap mempunyai bisnis online. Namun jika Anda ingin serius berbisnis online, saya mempunyai beberapa tips jitu agar bisnis online Anda dapat lebih cepat terbangun serta mempunyai kredibilitas yang baik. Tidak akan kalah keren dengan perusahaan besar yang sudah go online. Ini dia 7 senjata bisnis online yang perlu Anda siapkan untuk “bertempur” di dunia maya :

1. Website
Buatlah website sederhana untuk menaruh semua keterangan lengkap bisnis online Anda. Dengan mendaftar di wordpress.com atau blogspot.com untuk awal merupakan langkah yang tepat untuk mulai mempunyai website sendiri. Usahakan untuk memakai nama bisnis Anda di website tersebut. Namun bila Anda memang sudah serius, Anda dapat langsung membeli website yang sudah siap jadi. Banyak sekali jasa pembuatan website untuk mendukung bisnis online.

2. Foto
Salah satu kunci penting bisnis online adalah foto! Foto produk dengan hasil jepretan Anda sendiri. Gunakan kamera yang berkualitas baik agar hasil foto terlihat seperti aslinya. Terakhir, tambahkan watermark untuk melindungi hasil foto Anda. Bayangkan jika calon konsumen Anda belum pernah menyentuh dan melihat barang tersebut. Jika Anda memakai foto yang asal jadi, tentunya mereka bisa ragu akan kebenaran produk Anda tersebut.

3. Rekening Bank
Buatlah paling tidak 2 rekening bank untuk mendukung laju transaksi bisnis Anda. Rekening bank BCA dan Mandiri dapat Anda buka untuk awal berbisnis online karena 2 bank tersebut paling banyak dipakai di Indonesia. Agar uang Anda tidak banyak terkuras, buatlah pertama rekening BCA yang langsung jadi sehari, kemudian pada besoknya Anda dapat menarik lagi semua saldo dan membuka rekening di bank Mandiri.

4. Aktif di Forum Jual Beli (FJB)
Pernah terbayang ketika Anda baru saja membuka bisnis tapi sudah ada jutaan calon pelanggan yang siap melihat produk Anda ? Forum Jual Beli adalah jawabannya. Bergabunglah dengan FJB untuk memasarkan bisnis Anda secara cepat. FJB yang saat ini paling cepat mendatangkan calon konsumen adalah KasKus.co.id, TokoBagus.com dan Berniaga.com

5. Social Media
Jika website diibaratkan seperti sebuah ruko / lapak Anda, maka FJB dan social media adalah sales Anda. Mereka dapat menjadi alat yang sangat efektif dan efisien untuk mempromosikan bisnis Anda. Bangunlah reputasi bisnis online Anda dengan aktif di dalam social media. Saat ini Anda dapat memilih twitter dan facebook sebagai social media utama untuk berinteraksi langsung terhadap para calon konsumen Anda.

6. Alamat Kontak
Jika ingin lebih terpercaya dan terlihat lebih profesional, sediakanlah handphone dan nomor khusus untuk bisnis online Anda. Tidak hanya memudahkan Anda untuk memilah yang mana keperluan pribadi dan bisnis, dengan mempunyai alamat kontakย  khusus dapat mempercepat kinerja dari bisnis online Anda.

7. Gadget
Gunakan gadget yang dapat membuat keperluan online Anda menjadi semakin mudah dan lancar. Pakailah smartphone yang telah mempunyai fitur lengkap. Anda dapat menggunakan BlackBerry karena yang pernah saya dengar penggunanya di Indonesia sudah melebihi 5 juta orang, waw!

Itulah 7 senjata bisnis online yang bisa Anda siapkan bukan hanya sekedar untuk membuat bisnis online, Anda pun dapat mengembangkan secara kuat pondasi bisnis online Anda dengan memaksimalkan 7 “senjata” di atas. Ingatah bahwa kunci dari bisnis online adalah reputasi penjualan Anda.

Teruslah update penjualan Anda dan pampanglah hasilnya di website Anda pada bagian testimonial para pembeli Anda. Hal ini bertujuan untuk membuat para calon pembeli Anda yang baru dapat lebih cepat untuk memutuskan membeli di tempat Anda karena Anda lebih terpercaya dan kredibel.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai 7 senjata bisnis online, Anda dapat mengundang saya untuk memberikan seminar di tempat Anda. Silahkan hubungi 0856 9312 1284 untuk informasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat ya ๐Ÿ™‚

@DandyKurniadi
Motivator Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *