7 Tips Ampuh Berbelanja Online Yang Aman Terpercaya

Berbelanja online sudah menjadi beberapa kegiatan rutin bagi sebagian orang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya situs jual beli online serta media pembantu (rekber) yang menjadi penjembatan antara si penjual dan si pembeli di dunia internet.

Berbelanja online yang aman terpercaya merupakan suatu kekhawatiran tersendiri bagi sebagian orang, baik yang sudah biasa berbelanja online maupun yang masih awam.

Saya yang sudah menjalani bisnis online selama 3 tahun pun kadang masih takut untuk berbelanja online jika bertemu dengan penjual yang belum jelas reputasinya. Biasanya saya menggunakan tips ampuh berbelanja online yang aman terpercaya sebagai berikut untuk meyakinkan diri sendiri sebelum melakukan belanja online :

1. Reputasi Penjual

Tak kenal maka tak sayang. Kalimat dari pepatah lama ini sangatlah manjur bagi Anda yang baru menjelajah di ranah online. Untuk membuat diri Anda yakin ingin berbelanja via online, tentunya Anda pun harus mengenal terlebih dahulu siapa pihak yang menjual produk / jasa tersebut.reputasi penjual

Mengenali reputasi si penjual bisa dengan berbagai cara, yang paling mudah adalah dengan melihat profil penjual tersebut di websitenya.Ceklah secara seksama apakah si pihak penjual dapat menjabarkan jati diri bisnis nya secara jelas atau tidak. Biasanya para pebisnis online sekarang sudah mulai narsis dengan mencantumkan foto owner dan tim nya. Tentunya hal tersebut dapat membuat Anda merasa lebih aman, bukan ? Siapa tahu ada wajah dari seorang pelaku bisnis tersebut yang Anda kenal.

Jika ia belum punya website, Anda bisa cek reputasi nya dari social media yang ia punya, berapa banyak like yang ia punya di Facebook. Jika ia memakai Twitter, cek jumlah follower yang ia punya. Semakin banyak jumlah like / follower nya tentu dapat membuat Anda semakin yakin akan reputasi sang penjual.

Namun, jika ia hanya mengandalkan FJB (forum jual beli) sebagai bisnis online nya, Anda bisa cek testimonial yang sudah ia dapatkan dari para pembelinya.

Sebagai contoh testimoni dapat Anda lihat disini –>> Testimonial TakoTaki

2. Testimonial

Suatu kepuasan pelanggan dapat terbukti dengan adanya testimonial. Testimonial atau biasa orang sebut dengan ‘kata pelanggan’ adalah sebuah bukti yang dapat membawa dampak positif baik bagi pihak penjual maupun pembeli.testimonialDengan adanya testimonial yang di cantumkan di website, FJB, maupun social media yang sang penjual cantumkan dari para pembelinya, Anda pun dapat mengukur seberapa banyak tingkat kepuasan maupun transaksi yang sang penjual sudah dapatkan. Tentu Anda sendiri pun sebagai calon pembeli akan dapat lebih percaya terhadap penjual yang baru Anda temui tersebut.

Dengan banyaknya testimonialΒ  orang lain yang puas terhadap produk maupun pelayanan sang penjual tersebut, tentu Anda akan merasa lebih aman dan percaya untuk berbelanja online di tempatnya. Oleh karena itu, jika Anda sudah berbelanja Online, sediakan waktu untuk memberi testimonial ke sang pebisnis online tersebut agar menambah kredibilitasnya πŸ™‚

3. Telepon Si Penjual

Zaman sudah semakin canggih, penggunaan pulsa pun semakin murah dengan banyaknya operator yang “perang” harga. Hal ini pun dapat Anda manfaatkan dengan mengkontak langsung si penjual. Pengurangan pulsa beberapa ribu tentunya tidak akan membuat Anda jengah dibanding Anda harus tertipu dengan si penjual yang enggan Anda hubungi.

telepon si penjual

Biasanya para penjual online sudah pasti mencantumkan nomor kontak untuk dihubungi. Bahkan ada yang biasanya memisah antara menghubungi via SMS atau telepon. Jika sang penjual hanya mencantumkan SMS saja, cobalah untuk sedikit bawel di pesan singkat untuk mengetes apakah si penjual responsif terhadap pertanyaan Anda.

4. Tanya Teman

Nah ini adalah cara paling mudah dan sederhana untuk meyakinkan diri Anda sebelum berbelanja online di suatu website. Bertanya kepada teman baik secara langsung maupun via BBM atau whatsapp tentunya akan lebih membuat Anda aman dan percaya terhadap si penjual yang sedang Anda hadapi.

tanya teman
Tanyalah teman Anda apakah mereka pernah membeli produk / jasa di website si penjual. Jika si penjual cukup eksis di dunia internet, mungkin saja teman bahkan anggota keluarga Anda pernah membeli disana juga. Jika teman-teman yang Anda beli belum pernah mendengar si penjual online tersebut, Anda dapat membuat status di BBM, Facebook, juga twitter untuk bertanya kepada khalayak yang lebih banyak.

5. Rekening Bersama (REKBER)

Rekening bersama merupakan cara paling aman dan terpercaya untuk berbelanja via online. Sistem rekber ini memungkinkan kita untuk mendapat kepastian bahwa barang telah dikirim ke tempat kita sang pembeli secara benar dan berjalan sebagaimana mestinya.

Rekening bersama (rekber) ini mungkin masih terdengar baru bagi Anda yang masih awam di internet. Bahkan yang biasa online pun memang belum tentu tahu ada sistem seperti ini. Pastikan bahwa Anda sudah memahami sistem rekening bersama itu sendiri.

rekening bersama

Sistem rekber mudahnya adalah antara Anda dan penjual menyetujui untuk memakai rekening bersama. Lalu Anda menunjuk pihak ketiga (rekber) untuk menjadi mediator pembelian Anda. Setelah Anda memilih barang dan transfer ke pihak rekber, si pihak rekber akan konfirmasi kepada pihak penjual bahwa Anda (pembeli) sudah transfer uang sesuai jumlah barang yang dipesan. Kemudian sang penjual akan segera mengirim barang pesanan Anda ke alamat yang sudah Anda tujukan. Akhirnya, setelah barang sampai ke rumah Anda, sang pihak ketiga (rekber) akan mentransfer uang Anda ke si penjual tempat Anda membeli barang tersebut. Cukup mudah, bukan ?

Doakan, saya akan segera membuka jasa untuk rekening bersama agar Anda dapat lebih sering berbelanja via online secara aman dan terpercaya, hehe πŸ˜€

6. Cek Social Media Penjual

Saat ini hampir semua orang yang sudah mempunyai handphone telah menggunakan social media, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, maupun yang lainnya.

cek social media

Tentunya sang penjual biasanya menggunakan social media untuk mempromosikan dagangannya secara gencar. Disamping untuk media promosi, biasanya sang penjual juga memberikan banyak tips yang bermanfaat di social media yang ia punya. Ceklah jumlah like atau pun follower yang ia punya. Semakin banyak like serta follower yang ia punya tentunya akan membuat Anda semakin percaya dan aman dong untuk berbelanja online di tempatnya ?

7. Cash On Delivery (COD)

COD atau biasa orang bilang “bayar dimuka” adalah suatu sistem pengantaran barang ke rumah Anda. Sistem COD ini biasanya dilakukan oleh para pebisnis yang sudah serius mengembangkan sistem bisnis online mereka.

Cash on delivery credit card

Dengan adanya sistem COD, Anda akan langsung dilayani di tempat yang Anda janjikan untuk langsung melihat dan mengecek barang yang Anda pesan. Setelah barang sesuai dengan apa yang Anda pesan, Anda dapat langsung membayar ditempat, asyik bukan ?

Sistem COD pun biasanya hanya dilakukan di daerah tempat si penjual tinggal. Untuk yang bersakala besar, Anda yang berada di kota lain pun akan dijemput oleh pihak penjual untuk melakukan COD, tentunya ada syarat khusus untuk sistem COD seperti ini. Biasanya Anda harus melakukan registrasi atau pun menjadi member dalam bisnis si penjual online tersebut.

—————

Itulah 7 tips ampuh berbelanja online yang aman terpercaya berdasarkan pengalaman dan pelajaran yang sudah saya lalui dalam menempuh lika-liku laju bisnis di dunia online. Alhamdulillah, saya pernah tertipu juga dalam berbelanja via online, tetapi bukan sebagai pembeli, namun sebagai penjual.

Nah loh kok bisa ? Simak saja ya dalam artikel saya berikutnya untuk para penjual online agar tidak tertipu oleh para pembeli di dunia online πŸ˜‰

Semoga bermanfaat ya πŸ™‚

@DandyKurniadi
Praktisi, Trainer dan Motivator Bisnis Online

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *