9 Modus Penipuan Online

Bagi Anda yang suka sekali berbelanja online, pastinya masih suka merasa takut akan penipuan online yang kerap mengincar siapa saja yang senang berbelanja online.

Memang tidak di dunia nyata atau maya, penipuan tetap saja ada. Oleh karena itu kita harus senantiasa waspada dan tahu apa saya modus penipuan yang ada. Para penipu online tersebut kerap menjadikan forum jual beli (FJB) seperti kaskus, berniaga, toko bagus juga Facebook bahkan website berbayar untuk mensukseskan rencana penipuan onlinenya.

9-modus-penipuan-online

Mereka tidak segan-segan membuat sistem penjualan yang menarik dan terlihat terpercaya. Berdasarkan pengalaman dan informasi yang saya ketahui, ada 7 penipuan online yang harus kita waspadai sebagai pembeli online :

1. Jual Gadget Barang elektronik
Barang elektronik sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat Indonesia saat ini. Semakin mudah dan banyaknya peredaran barang elektronik di Indonesia membuat banyak pihak yangย  menjual barang elektronik seperti handphone, kamera, tablet dan gadget lainnya di internet.

Namun nyatanya tidak sedikit yang hanya berpura-pura menjual barang elektronik di website dengan harga miring, lebih murah, bahkan dengan promo yang membuat siapa pun bisa tergiur untuk membelinya. Dan tahukah Anda, kasus penipuan online terbesar adalah penipuan belanja online barang elektronik, hmm.

2. Jual DVD Film
Bagi Anda yang hobi menonton film tentunya akan sangat senang jika bisa membeli film-film kesukaan Anda dengan harga murah namun kualitas bagus. Biasanya penipuan jual DVD film ini membuat paket harga untuk pembelian film yang akan dimasukkan kedalam kepingan DVD.

3. Hanya Barang Dummy
Modus penipuan seperti ini memang sangat menjengkelkan. Barang memang benar-benar dikirim ke rumah Anda, namun barang yang datang ternyata adalah barang dummy; barang yang hanya berupa replika saja, bukan yang asli.

4. Jual Aksesoris Mobil
Para pecinta mobil pun tentunya gemar untuk berbelanja online agar bisa mendapatkan jenis aksesoris yang mereka sukai. Para penipu online biasanya menggunakan modus memberikan potongan harga yang menggiurkan jika membeli aksesoris mobil dengan jumlah tertentu.

5. Pemalsuan Ijazah Palsu
Pelaku penipuan menyediakan jasa mencetak ijazah palsu, jangan pernah melakukan ini jika Anda tidak ingin ikut terjaring dalam data penangkapan percetakan ijazah palsu.

6. Penjualan Satwa Langka
Ada pelaku yang menjual satwa langka di internet. Baik yang benar menjual atau hanya bohong, tidak sedikit ada yang menjualnya. Kasus perdagangan ini adalah ilegal baik yang membeli dan menjual.

7. Jual Baju Jersey
Sepakbola merupakan salah satu olahraga terfavorit di dunia. Di Indonesia pun masyarakatnya banyak yang sudah memakai baju jersey bola untuk tim favorit mereka. Namun banyak juga para penipu online yang menjual baju jersey yang nyatanya hanya gambar saja.

8. Jual Baju Tari
Baju daerah juga baju tarian kadang agak sulit di dapat. Para penipu online pun menggunakan kesempatan itu untuk menjual baju tari dan daerah yang tidak benar mereka jual sama sekali, hanya fotonya saja.

9. Jual Tas Import
Para wanita yang senang bergaya pastilah senang memakai tas yang bagus tetapi harga terjangkau. Berhati-hatilah dalam membeli tas di Internet.

Itulah 9 modus penipuan online yang kerap terjadi di internet. Memang, kasus terbanyak dari modus penipuan online adalah penjualan barang elektronik dan gadget. Saya pun sebagai pemilik TakoTaki kadang masih menerima pertanyaan apakah website penjualan aksesoris BlackBerry yang saya jual adalah asli ada barangnya atau tidak, waw.

Sebenarnya masih banyak sekali kasus penipuan online yang memanfaatkan dunia online sebagai sumber kejahatannya. Bagi Anda yang memang senang berbelanja online, pada postingan berikutnya akan saya berikan tips bagaimana cara berbelanja online yang aman dan terpercaya.

Semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

@DandyKurniadi

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *