Apa Itu Website File Sharing ?

Saat ini hampir setiap orang sudah memakai komputer baik itu PC / Laptop. Peredaran data digital pun semakin meluas dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Berbagai macam tipe file pun semakin beragam hadir dalam dunia digital seperti file gambar, video, sampai dokumen seperti word, excell, dsb.

Apalagi dengan adanya fasilitas internet saat ini telah membuat peredaran data-data yang tadinya offline atau dengan kata lain data kita sendiri hanya ada di komputer kita. Lalu pada akhirnya data-data kita pun dapat dibagikan serta di download oleh siapa saja dengan adanya fasilitas internet.

Salah satu fasilitas yang marak digunakan para netters untuk berbagi file di internet adalah dengan media website file sharing. Sudah tahukah Anda apa itu file sharing ?

file-sharing

Jika Anda mencari definisi file sharing di Google, Anda pasti akan mendapat banyak sekali pengertiannya. Saya disini akan mencoba untuk membantu merangkum arti dan kegunaan dari website file sharing yang sering kita dengar atau biasa pakai di internet.

[box type=”info”] Mudahnya, File sharing adalah sebuah media yang digunakan untuk menyimpan dan membagi segala macam file digital dengan cara mengupload file dari komputer kita ke website file sharing tersebut yang kemudian orang lain dapat melihat dan mendownload file yang sudah kita upload tadi dengan mengakses masuk ke dalam website file sharing tersebut.[/box]

Lengkapnya, file sharing ini biasanya memang sengaja dibuat oleh suatu pihak yang di khususkan agar para penggunananya dapat menaruh file-file digital mereka di server penyedia file sharing tersebut. Mereka senantiasa memberikan kita fasilitas untuk membagi dan menaruh segala macam file-file yang kita punya di komputer untuk di upload ke tempat penyedia file sharing secara gratis.

Namun yang biasanya gratis itu pasti terbatas dan bersyarat, iya kan ? Hehe.

> Yang pertama biasanya kita harus mendaftar terlebih dahulu.
Untuk memakai jasa di website file sharing tersebut kita diwajibkan untuk mendaftar agar mendapat username dan password untuk mengakses masuk ke dalam websitenya. Setelah itu kita akan diberi space atau jatah jumlah file yang dapat kita taruh di website file sharing tersebut.

> Yang kedua adalah sedikitnya space untuk menaruh segala macam file
Batas dari jumlah file yang dapat kita upload / taruh di file sharing tersebut tergantung dari kebijakan si penyedia. Mendapat space 10 Gigabyte saja menurut saya sudah cukup lumayan untuk para pengguna internet yang sekedar ingin berbagi file-file seperti foto, dokumen dan juga video.

Namun jika Anda merupakan orang yang termasuk freak dalam berbagi dan narsis di internet, Anda dapat mengugrade akun Anda di website file sharing tersebut agar media penyimpanan file sharing Anda menjadi semakin besar. Bisa sampai ratusan giga loh.

Rata-rata yang saya ketahui batasan jumlahnya berkisar antara 1 Gigabyte sampai 15 Gigabyte untuk yang gratis. Mungkin saja ada penyedia yang lebih besar lagi memberi jatah space besar secara gratis. Tinggal bagaimana Anda mencarinya saja.

> Yang ketiga adalah kecepatan mendownload file.
Kecepatannya tidak akan secepat jika kita mendownload file biasa di website yang bukan dikhusukan untuk file sharing. Kecepatan ketika kita mendownload file dari website file sharing tersebut biasanya akan dibatasi meskipun modem kita mampu mendownload dengan kecepatan 2 megabyte / second.

Ohya, bagi yang belum menjadi member di website file sharing tersebut, kita hanya bisa sebatas mendownload file dari orang-orang yang sudah mengupload disana tentunya dengan kecepatan standar yang dibatasi pihak penyedia file sharing tersebut.

Bagi mereka sudah menjadi member berbayar di website file sharing, akses kecepatan download akan menjadi maksimal dan kita pun dapat mendownload lebih cepat baik di website file sharing tersebut ditambah jumlah space untuk kita mengupload file disana akan menjadi lebih besar lagi.

Sekian penjelasan dari saya mengenai website file sharing yang tersedia di internet. Bagi yang mau tahu website-website apa saja yang bagus dan bonafit untuk Anda menaruh file-file digital, selanjutnya akan saya posting di tulisan berikutnya ๐Ÿ˜€

@DandyKurniadi

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *