Arti Penting Respon Dalam Bisnis

Komunikasi merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan kita. Ia menjadi media yang menjembatani hubungan antara sesama makhluk hidup di dunia ini.

Dalam komunikasi, saya sangat senang sekali membahas mengenai arti penting respon dalam sebuah aktivitas apapun. Misalnya kita berteriak minta tolong, namun tidak ada orang yang mendengar, bagaimana rasanya ? Padahal tidak jauh darisana ada pos yang selalu di jaga oleh satpam.

Respon merupakan hasil yang menjadi tolak ukur apakah komunikasi yang telah kita berikan berhasil atau tidak mereka cerna dan menjadi umpan balik bagi kita sendiri. Contoh lain adalah ketika sedang berbicara di depan umum, lalu Anda bertanya kepada penonton apakah ada yang mau bertanya, dan seketika itu pula hampir 50% penonton mengangkat tangan dengan antusias untuk bertanya kepada kita. Sebuah respon yang luar biasa bukan ? Tentu saja hal ini dapat menjadi kesenangan bagi kita sendiri yang merasakannya.

Begitu pula arti penting respon dalam bisnis. Saya pernah mengalami beberapa pengalaman baik dan buruk mengenai respon ini. Saya yang cenderung berbisnis via online memang sangat teliti mengenai responsivitas dalam komunikasi bisnis yang saya bangun.

response

Misalnya di setiap website bisnis yang saya buat, saya menyertakan nomor telpon, email, sampai chat via Yahoo Messenger (YM) yang semuanya tersambung langsung kepada saya ataupun pihak marketing bisnis saya. Dengan melangsungkan itu semua, saya berharap jika mereka mempunyai pertanyaan ataupun ingin membeli produk / jasa saya, mereka dapat dengan segera mengkontak dari berbagai arah.

Kemudian dari sisi saya sendiri, saya dapat membuat mailbox tersendiri di smartphone saya. Sehingga ketika email masuk baik itu dari komentar website, penawaran harga, informasi ataupun lainnya dapat dengan segera saya terima saat itu juga. Dengan melakukan itu semua, saya berusaha untuk merespon secepat mungkin dari setiap umpan balik dari pihak calon pelanggan maupun pelanggan saya.

Bagi saya, cara paling jitu MENGHARGAI sebuah hasil komunikasi dalam bisnis adalah dengan merespon secara cepat begitu mereka mengirim sesuatu baik itu berupa panggilan telepon, sms, email, dsb. Bahkan dalam ilmu bisnis yang pernah saya pelajari, jika 3 kali telpon berdering tidak di angkat, reputasi bisnis Anda dapat merosot dimata konsumen Anda.

Sama halnya dengan media lain dalam respon bisnis. Email misalnya, mungkin Anda pernah mencoba untuk mensubcribe di sebuah website. Kemudian baru saja Anda memasukkan email untuk subscribe, beberapa detik kemudian email ucapan terima kasih karena telah bergabung dalam email marketing mereka telah terkirim ke mailbox Anda, lengkap dengan nama Anda pada beberapa bagian kalimat didalam pesan tersebut.

Seolah-olah mereka memang mengetik nama Anda didalam email, padahal itu semua merupakan program yang dapat mendeteksi nama pengirim email, luar biasa bukan ?

Bagi beberapa pebisnis, respon merupakan hal yang sangat penting. Saya pun demikian, oleh karena itu jika memang Anda serius dalam berbisnis, cobalah untuk MENINGKATKAN respon Anda terhadap pesan yang dikirim konsumen atau rekan bisnis Anda. Dengan memperbaiki dan meningkatkan respon tersebut, Anda akan takjub dengan peningkatan bisnis Anda.

Kenapa begitu ? Ibarat kata Anda adalah penjual, dan incaran Anda adalah calon pembeli. Kemudian Anda (penjual) baru satu kali PDKT dengan incaran (calon pembeli) Anda, dan ternyata ia sudah langsung merespon dan terlihat tertarik dengan Anda. Saya yakin, Anda akan sangat gembira sekali karena respon Anda dibalas begitu cepat dari yang dibayangkan.

Begitulah arti penting respon dalam bisnis menurut pandangan saya. Semoga kita semua dapat lebih menghargai seseorang dengan cara merespon mereka dengan cepat dan tepat agar maksud dan tujuan mereka tidak hilang ditelan angin oleh karena tingkat persaingan yang semakin tinggi.

@DandyKurniadi
Motivator Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *