Mengatasi WiFi Limited Access di Windows 8

Kesal kena wifi limited access padahal jaringan wifi tidak sedang banyak dipakai orang lain ?

Berikut solusi ampuhnya :

  1. Buka CMD atau dengan tekan Windows Key (Lambang ‘Windows’ sebelah tulisan ‘ALT’) + X + A secara bersamaan
  2. Lalu langsung ketik saja

netsh int ip reset c:\resetlog.exe

Selesai dan langsung restart komputer / laptop Anda.

 

Semoga bermanfaat πŸ™‚

9 Kenyataan Pahit Yang Harus Kita Hadapi

Kali ini saya mau share tentang KENYATAAN dalam hidup :p

Tidak bisa dipungkiri, bahwasanya hidup ini tidak akan seindah dan semulus yang kita inginkan.

Sebagaimana yang pernah saya dengar dalam ceramah, kalau hamba yang baik pasti akan diberikan UJIAN agar ia layak dianggap sebagai hamba yang baik dan dapat ditinggikan kembali derajatnya.

Nah gan, menurut ane kita akan menghadapi 9 kenyataan pahit yang harus kita terima dalam perjalanan hidup ini.

Apa sajakah itu ? Cekidot :

1> Ditinggal Dunia Oleh Orang Tua

Kenyataan pahit ini sangatlah membuat kita sebagai anak akan merasa membuat banyak penyesalan yang mendalam. Entah karena ada permintaan orang tua yang belum kita kabulkan. Juga sekedar karena kita merasa belum jadi anak yang baik sesuai dengan yang orang tua inginkan.

2> Dikecewakan Oleh Orang Yang Dipercaya

Siapa sih yang senang dikecewakan ? Dalam hidup ini tentunya kita punya dong gan orang-orang yang kita percayai ? Baik untuk urusan kerja, percintaan, atau sekedar teman sepermainan.Namun pada kenyataannya, kita pastinya akan mendapatkan momen dimana kita akan dikecewakan oleh orang yang kita percayai. Terlepas itu kepercayaan dalam hal-hal yang sepele, bahkan sampai hal-hal yang besar.Ga salah orang bijak ngomong :” Butuh bertahun-tahun untuk membangun sebuah kepercayaan, namun hanya butuh beberapa detik saja untuk menghancurkannya.”

*Jleb !*

3> Dikejar Deadline Oleh Pekerjaan

Semakin kita dewasa, tentunya pola pikir kita akan semakin ‘matang’ juga kan gan ? Nah, dalam hidup ini tentunya kita akan menghadapi tahap dimana kita akan mulai bekerja untuk bertahan hidup. Entah itu tujuan dasarnya hanya untuk mendapatkan uang, mengejar passion, sampai ingin punya banyak prestasi dan mengejar ambisi.Namun akan ada kenyataan pahit yang harus kita siap terima juga loh gan ketika kita mulai bekerja. Yaitu kita akan dikejar deadline oleh pekerjaan yang kita pilih. Sampai-sampai deadline itu kadang membuat kita stress gan. Bagi orang-orang yang memang kuat dan mempunyai tujuan yang jelas sekali dalam bekerja, biasanya mereka akan mampu untuk menghadapi deadline tersebut.Namun bagi yang masih fresh graduate atau mental bekerjanya belum baik, bisa-bisa mereka ‘lepas tangan’ gan dan memutuskan untuk mencari bidang pekerjaan yang lain atau sekedar bekerja yang tidak terlalu banyak memberikan ‘beban’. Hmm…

4> Dimarahi Oleh Atasan dan Orang Tercinta

Senang dimarahi ? Ane saya kaga ada yang demen gan !Namun pada kenyataannya, dalam hidup ini kita harus terima bahwa kita pasti akan kena marah gan. Baik itu oleh atasan kita dalam bekerja, maupun oleh orang-orang yang kita rasa penting gan dalam kehidupan kita.Mereka marah bisa karena hal-hal yang kita anggap sepele dan sudah barang tentu mereka akan marah sejadi-jadinya jika ada hal fatal yang kita lakukan dan berdampak kepada mereka gan.Kadang kita merasa tidak ada salah apa pun, kita bisa kena marah gan. Entah karena orang-orang tersebut sedang badmood ataupun karena kita pernah melakukan sesuatu yang buruk dan mereka baru mengetahui saat itu.

5> Harus Berhutang Uang

Nah ini nih yang ironi. Pernah denger kan gan kalau ada orang bijak bilang :” Uang bukan segalanya, namun segalanya butuh uang.”Ane pribadi setuju gan sama kalimat di atas. Apalagi di zaman sekarang gan yang apa-apa kudu ditukar sama duit !Alhasil, kadang kita harus menerima kenyataan bahwasanya kita terkadang harus berhutang uang pada orang lain oleh karena ada kebutuhan yang mendesak atau mendadak baik itu karena urusan pribadi atau demi kepentingan orang yang kita cintai.

Misalnya saja karena gaji kita belum turun, sedangkan cicilan atau karena kita kena musibah yang membutuhkan uang lebih dari tabungan yang kita punya. Belum ditambah kalau kita ternyata belum sanggup membayar hutang tepat pada waktunya. Pahiiiit ye gan

6> Diminta Uang Untuk Bantuan, Namun Kita Belum Cukup Uang

Dulu waktu SMA, ane jurusannya IPS. Dalam pelajaran Sosiologi, ane masih ingat banget tentang materi yang membahas bahwasanya manusia itu adalah makhluk sosial. Istilahnya zoon politicon, yaitu tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.Dan lagi-lagi gan, kita harus menerima kenyataan pahit bahwasanya akan ada saja orang disekitar kita yang akan minta bantuan kepada kita secara materi, namun pada saat itu kita ternyata sedang kesusahan juga gan dalam segi materi. Rasanya gimana gan ?Kalau ane sih miris. Mau bangeet bantu, apalagi kalau yang butuh bantuan itu adalah orang yang mempunyai andil dalam kehidupan kita gan. Entah itu orang tua, adik / kakak, sahabat, sampai sahabat kita sendiri gan. Hiks

7> Difitnah

Beuh ! Yang ini bisa buat kita murka gan. Tapi juga bisa buat kita sedih gan. Siapa juga yang senang difitnah ?!Nah, pada kenyataannya kita biasanya akan mendapat pengalaman seperti ini gan. Entah itu hanya sekali, ataupun bisa berkali-kali. Pada intinya, hal ini sangatlah pahit gan. Kita yang beranggap bahwa kita sudah menjadi orang yang baik, malah jadi korban fitnah. Biasanya hal ini terjadi dalam konteks pekerjaan, organisasi, atau dalam keluarga.Contoh klasiknya adalah misal dalam pekerjaan itu kita berprestasi terus meskipun masih baru, yang para senior ada saja yang tidak suka. Atau jika kita sebagai pemimpin baru di suatu tempat, para anak buah kita bisa saja membuat isu atau gosip untuk membuat kita ‘ternoda’ oleh karena sesuatu yang bukan kita lakukan. Sakiiit, sakiitnya tuh disini (tunjuk dada dan kepala)

8> Dibenci orang lain

Ga ada manusia yang sempurna. Kita pun ga akan terlepas gan dari melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak. (ustad mode ON)Namun gan, kembali lagi kita harus menerima kenyataan pahit yang harus kita terima bahwa kita akan dibenci orang lain. Entah karena orang tersebut tidak suka dengan diri kita, atau memang karena ada sikap serta perbuatan kita yang membuat kita jadi dibenci. Pahitnya lagi, kadang orang yang membenci kita ga cuma 1 gan! Et dah.Belum jika orang-orang tersebut pernah jadi orang yang kita sayangi gan. Aduuh, gimana gitu kalau kita berpapasan dengan mereka. Makanya ada orang yang bilang :” Cari teman sejati itu susah, tapi kalau cari musuh itu yang mudah!”


9> Tidak menerima kenyataan

Terakhir nih gan menurut ane bahwa kita harus menerima kenyataan pahit dalam menjalani hidup. Yaitu kita ga terima sama kenyataan gan !Banyak banget gan menurut ane orang-orang yang belum menerima kenyataan. Bahkan ada beberapa yang terlihat tidak terima kenyataan. Entah karena faktor fisik pribadi yang dirasa kurang, pendidikan yang rendah, latar belakang keluarga yang kurang baik, merasa punya pasangan hidup yang kurang tepat, salah pilih pekerjaan, dan lain sebagainya.Padahal semua ini sudah diatur gan sama yang Maha Kuasa, namun tetap aja yang kadang kita rasa pahit tuk terima kenyataannya. Semoga kenyataan pahit yang ini hanya sebatas masa lalu ye gan, selanjutnya kita harus terus bersyukur dan mau bekerja keras tuk ubah nasib. Seperti potongan ayat ini :β€œSesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11

———-
Begitulah gan menurut pendapat ane tentang 9 kenyataan pahit yang harus kita terima dalam menjalani kehidupan ini gan. Semua tinggal bagaimana kita bisa menghadapi itu semua gan.

Ane berdoa, semoga kita semua bisa jadi pribadi yang selalu tegar dalam menjalani hidup gan. Dapat menerima kenyataan hidup baik itu memang sudah baik, maupun belum. Kemudian berujung kita dapat terus menjadi pribadi yang senantiasa bermanfaat gan bagi orang-orang disekitar kita.

Karena hidup di dunia ini cuma sementara, yang kekal ya di alam sana gan

Wasalam gan

Hukum Tabur Tuai

Suatu malam di suatu kota di Philadelphia – USA, sepasang suami istri yang sudah tua masuk ke sebuah hotel kecil. Mereka bertanya kepada seorang resepsionis :

Suami : Apakah masih ada kamar untuk kami berdua ?

Resepsionis : Maaf sekali Pak, kamar kami penuh semua dan kebetulan di kota ini sedang ada 3 acara besar sehingga semua hotel penuh.

Suami : Oohhh, baiklah kalau begitu.

Resepsionis : Tetapi saya tidak mungkin menolak Bapak & Ibu dengan begitu saja menyuruh pergi di tengah malam begini sementara di luar hujan badai. Kalau berkenan, bapak & ibu boleh menginap di kamar saya, segera saya akan membereskan kamar saya.

Suami & Istri : (mengangguk tanda setuju). Terima kasih anak muda.

2 tahun berlalu dan resepsionis hampir melupakan kejadian itu ketika menerima surat yang mengingatkannya pada malam hujan badai tersebut. Lelaki muda ini diminta datang untuk mengunjungi pasangan suami istri tersebut di New York. Dalam surat tersebut juga terlampir tiket pesawat pulang-pergi untuknya.

Di New York, laki-laki tua itu membawanya ke sudut 5th Avenue & 34th Street lalu menunjuk sebuah gedung baru yang megah. Bak istana yang dihiasi batu kemerahan dengan menara yang menjulang ke langit.

Lelaki tua : Itu adalah hotel yang baru saja saya bangun untuk Anda kelola.

Resepsionis : Ha…ha…ha…! Anda pasti sedang bercanda.

Lelaki Tua : Sure, saya tidak sedang bergurau.

Nama lelaki tua itu adalah Mr. William Waldorf Astor. Struktur bangunan megah tersebut adalah Waldorf Astoria Hotel. Resepsionis itu, adalah Mr. George C. Boldt yg akhirnya menjadi CEO dari jaringan Waldorf Astoria Hotel yang kini berdiri di hampir seluruh kota-kota besar di seluruh dunia !

Pesan Moral :
Jangan pernah berhenti untuk berbuat baik kepada siapapun, kapanpun & dimanapun. You get what You give, whether it’s good or bad πŸ™‚

Sumber : broadcast BBM

@DandyKurniadi
www.DandyKurniadi.com

Untuk Siapa Kita Berjuang ?

Untuk Siapa Kita Berjuang ?

Salah satu hobi saya adalah untuk menonton pada akhir pekan. Film yang saya sukai berjenis action, adventure, sci-fi, fantasy dan juga anime πŸ˜€

Dari hobi menonton tersebut, tidak hanya sekedar untuk menghilangkan penat dan mendapat hiburan, namun saya pun biasanya mengambil pesan-pesan yang dapat dipetik dari hasil film yang saya tonton tersebut. Tidak lengkap rasanya jika saya tidak mengambil sisi pembelajaran dari dibuatnya film-film yang saya tonton di akhir pekan itu.

Untuk siapa kita berjuang ?

Adalah salah satu hasil pembelajaran saya dari menonton banyak film meskipun jenis filmnya berbeda-beda. Sebuah pertanyaan yang begitu sering membuat saya merenung bagian dari tujuan hidup ini. Ya, itu adalah untuk siapa kita berjuang hingga kita bisa sekuat dan sehebat ini, tul ?

 

Jawaban dari pertanyaan di atas mungkin saja berbeda-beda. Namun saya yakin, siapapun orang yang disebut, pastilah orang tersebut merupakan orang-orang yang kita cintai dan sayangi dalam hidup kita. Dia atau bahkan mereka dalam kata “siapa”, merupakan alasan kita dalam kuatnya menghadapi banyaknya cobaan hidup yang seakan tidak pernah berhenti kita lalui ini, fyuuh.

“Untuk siapa kita berjuang ?”

Seakan kalimat sederhana ini menjadi “hot button” saya ketika semangat saya mulai kendur. Ketika saya merasa lelah untuk terus mengejar impian hidup saya, pertanyaan tersebut seakan membuat saya “hidup” kembali untuk kembali bersemangat. Saya harus terus berjuang demi orang yang saya cintai dan kasihi !!

Sadar atau tidak, mau itu film action, film fantasy, bahkan di film anime yang suka saya tonton tersebut, benang merah dari cerita itu semua biasanya ada menyangkut tentang “siapa”. Tentang seseorang atau bahkan sesuatu yang dapat membuat mereka terus berjuang sampai akhir. Sampai mereka menang dalam mengalahkan musuh, sampai mereka sanggup melawan ketakutan mereka sendiri, bahkan sampai mereka bersedia mati demi orang / sesuatu yang mereka perjuangkan.

“Untuk siapa kita berjuang ?”

Saya akan menjawab tidak lain dan tidak bukan adalah untuk ibu saya, ayah saya, adik-adik saya pada khususnya. Mereka yang senantiasa hadir dalam hidup saya setiap hari. Sampai saya bisa mulai mewujudkan beberapa mimpi-mimpi saya sampai saat ini. Demi orang tercintalah kita sanggup berjuang sampai kita sendiri tidak sadar bahwa kita mempunyai tenaga dan daya juang yang tiada batas. Semua hanya untuk mereka, betapa bahagianya πŸ™‚

Bahkan yang lebih hebatnya, ketika saya menambahkan orang lain dalam alasan kenapa saya berjuang, ternyata saya mendapat suatu energi baru dari orang-orang tersebut. Sebagai contoh, saat ini saya dapat lebih bersemangat membangun bisnis oleh karena saya mulai mempunyai tim bisnis impian saya. Saya menyadari, kehadiran mereka membuat saya semakin bersemangat dalam berjuang untuk meraih mimpi-mimpi besar saya. Merekalah alasan tambahan yang membuat saya semakin berkembang dari hari ke hari.

Kembali lagi membahas soal film tadi, sering kita lihat sang tokoh utama dalam film biasanya akan berakhir bahagia atau duka dari hasil perjuangan yang sudah mereka lakukan. Terlepas dari bahagia atau duka, hal yang dapat saya petik adalah pada akhirnya sang tokoh utama biasanya telah mencapai suatu prestasi yang luar biasa.

Ia sanggup bertransformasi menjadi manusia yang jauuuuuuh lebih baik dari saat awal mereka hidup. Dari saat awal mereka mulai mengerti tentang “untuk siapa mereka berjuang ?”.

Luar biasa ! Saya pun merasa telah banyak berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari berbagai macam hal oleh karena saya mulai menyadari untuk siapa saya berjuang. Dengan mengetahui alasan serta pihak dalam perjuangan hidup kita, tentunya hal tersebut bisa membuat kita semakin hebat dan tangguh dalam meraih semua impian kita.

So, untuk siapa Anda berjuang hingga Anda rela untuk mengorbankan kesenangan Anda ? πŸ™‚

by :
@DandyKurniadi
www.DandyKurniadi.com
Praktisi, Trainer, Motivator Bisnis Online

Nasihat Dari Landak

Sesama Hewan Landak tidak mungkin saling merapat satu dengan lainnya.
Duri duri tajam yg mengitari tubuhnya adalah penghalang utama mereka untuk melakukan hal di atas. Bahkan kepada anak kandungnya sendiri….

Ketika musim dingin tiba, membawa hembusan badai salju susul menyusul, serta cuaca dingin yg menggigit tulang, dalam kondisi kritis seperti ini, para landak itu terpaksa saling merapat satu dengan lainnya, demi menghangatkan tubuh2 nya meski mereka harus berjuang menahan perih dan sakitnya duri2 landak lain yg menusuk, melukai kulit2 mereka.

Jika sekawanan landak itu telah merasakan sedikit kehangatan, segera saja mereka saling menjauh, namun jika rasa dingin kembali merasuk ke dalam tubuh mereka, mereka akan segera merapat lagi… dan demikianlah seterusnya.
sepanjang malam, landak2 itu disibukan oleh kegiatan saling menjauh dan saling mendekat.

Merapat terlalu lama akan menimpakan atas mereka benyak luka. Sementara jika mereka saling menjauh dalam waktu yg lama justru bisa saja rasa dingin menewaskan mereka.

Demikianlah keadaan kita manusia dalam hubungan interaksi sosial antara sesama kita dalam hidup ini, tentu tak seorang manusiapun terbebas dari duri2 (kesalahan2) yg mengitari dirinya, demikian halnya org lain…

Tentu mereka sama sekali tidak akan dapat merasakan kehangatan jika mereka tidak rela bersabar menanggung perihnya duri2 (kesalahan) org lain pada saat saling merapat.

Oleh karena itulah:

Siapa saja yg hendak mencari sahabat tanpa kesalahan, niscaya ia akan hidup sebatang kara.

Dan barang siapa yg ingin mencari pendamping hidup sempurna tanpa kekurangan, niscaya ia akan hidup membujang.

Dan barang siapa yg berusaha mencari saudara tanpa problema, niscaya ia akan hidup dalam pencarian yg tiada akhirnya.

Barang siapa yg hendak mencari kerabat yg ideal dan sempurna, niscaya ia akan lalui seluruh hidupnya dalam permusuhan.

Maka, bersabarlah karena berlian pun berasal dari batu hitam.

Sumber : broadcast BBM
www.DandyKurniadi.com
@DandyKurniadi

Saatnya (Meng)Gaji

Hari ini, tgl 25 November 2014, pukul 11:22

Saya baru saja menyiapkan dan merapihkan uang gajian untuk 2 orang karyawan saya.

saatnya (meng)gaji

Alhamdulillah, sudah 2 tahun Dunia Website berdiri. Tepatnya tgl 1 November 2014 kemarin, bisnis yang benar-benar saya seriusi semenjak lulus kuliah S1 ini telah mempunyai beberapa karyawan dalam napak tilas nya. Haru rasanya, sampai saya ingin berbagi apa yang saya rasakan dengan membuat tulisan ini. Bukan semata-mata untuk pamer atau berlebihan, namun nawaitu saya adalah untuk berbagi pikiran dan pengalaman dalam suka duka membangun bisnis.

“Dunia Website”, adalah sebuah nama yang tercetus untuk bisnis yang saya geluti saat saya berhasil lulus kuliah di tahun 2012 lalu. Bermula dari niat saya untuk ekpansi dari bisnis yang sebelumnya bernama TakoTaki, saya menginginkan profit yang lebih besar ditambah saya pun ingin jauh lebih berkembang dalam membuat bisnis yang lebih kompleks.

Kemudian saya pun merenung dan bertanya kepada diri saya sendiri :

” Apalagi bisnis yang saya sukai untuk menghasilkan profit yang lebih besar dan cepat dari TakoTaki ?”

Profit memang yang selalu awal saya pikirkan, karena saya pun bercita-cita menjadi pebisnis dengan tujuan ingin punya banyak uang dengan cepat dan menyenangkan. Ditambah lagi dengan hal yang lebih menarik daripada profit adalah saya bisa menciptakan sendiri apa yang saya suka untuk dibisniskan. Saya bisa punya banyak karyawan, punya kantor, menciptakan sistem, kenal dengan banyak orang baru setiap hari, punya tim yang kompak, dan yang terpenting adalah saya bisa segera mempunyai kebebasan waktu. Paling tidak, saya bisa mengatur waktu saya sendiri pada nantinya.

Sedikit mundur, pada bulan Juli 2012, saya sudah mendirikan bisnis yang bernama Tangerang Hosting. Pada perjalanannya, saya mengajak partner yang mulanya adalah teman main saya sedari SD, Ariesta Dwi Rahmadi namanya. Namun sayang, selang 2 bulan jalan bersama, ia tidak kuat lagi untuk berbisnis oleh karena profit yang dihasilkan tidak seberapa dan terlihat berat untuk dijalankan.

Akhirnya, saya pun berjalan sendiri sampai kemudian Dunia Website lahir dengan bertujuan untuk menyempurnakan core business dari Tangerang Hosting yang berfokus hanya pada jasa penyedia hosting dan domain.

Pada tgl 1 November 2014, ketika saya berdiskusi dengan partner saya, Hazrina Riza, kami berdua sepakat untuk memakai nama “Dunia Website” sebagai bisnis yang akan kami dirikan bersama. Memang pada awalnya saya sendiri membangun bisnis ini, kemudian Hazrina Riza saya pilih sebagai partner yang bisa saya andalkan untuk membangun Dunia Website ini bersama.

Tak terasa, sudah 2 tahun ini pun kami berhasil mengembangkan Dunia Website. Sudah 200 lebih total klien Dunia Website yang berhasil kami ajak kerjasama. Dalam pengembangannya, Dunia Website mempunyai keahlian dibidang jasa pembuatan website, desain grafis, program, maintenance, domain, hosting, dan juga pelatihan bisnis online.

dunia website napak tilas

Kembali lagi ke masa kini, saya berysukur sudah bisa menggaji. Biasanya tanggal segini orang senang sekali akan menerima hasil jerih payah mereka, saya malah antara senang dan takut. Kenapa gitu ? Karena saya pernah merasakan tidak sanggup menggaji seluruh karyawan dalam kurun waktu hampir 2 bulan. Bahkan saya nyaris bangkrut !

Ah… Saya ingin menangis rasanya jika mengingat kembali cerita perjalanan saya dalam merintis bisnis dari ‘0’ ini. Ingin rasanya membukukan semua. In sya Allah πŸ™‚

Semoga bermanfaat ya secuil perasaan saya dalam postingan kali ini πŸ™‚

 

by : Dandy Kurniadi, Owner & CEO Dunia Website

—@DandyKurniadi
Motivator, Trainer, Praktisi Bisnis Online

 

 

Jadi Lebih Bermanfaat

Hari ini, tanggal 15 November 2014, pukul 1:30 dini hari,

Saya berniat dan beraksi untuk jadi manusia yang lebih baik, lebih bermanfaat πŸ™‚

dandy-takotaki-kurniadi-facebook-fanspage

 

@DandyKurniadi
www.DandyKurniadi.com
Motivator, Trainer, Praktisi Bisnis Online

Inilah Arti Dari Domain

Rasanya hampir setiap hari kita hidup di dua dunia. Yaitu dunia nyata dan dunia maya (online). Berbicara soal dunia maya, biasanya tidak terlepas dari aktivitas di social media atau sekedar browsing untuk mendapat informasi terbaru.

Pastinya kita akan membuka sebuah situs tertentu untuk mendapat informasi yang kita cari. Baik itu nama situs website yang sudah kita ingat ataupun yang berasal dari rekomendasi mesin pencari seperti Google, Yahoo, dsb.

Sadarkah Anda, bahwa setiap nama situs website yang kita buka merupakan nama lain dari domain ?

Arti-Nama-Domain

Mudahnya, domain = nama website. Namun hal ini bukan berarti nama website (baca : domain) akan relevansi dengan konten dari website tersebut. Meski biasanya nama domain itu biasanya memang mencerminkan isi dari website itu sendiri. Semua itu memang tergantung dari yang mendaftarkan nama domain dan isi dari website yang diarahkan lewat domain tersebut.

Lanjut berbicara mengenai arti dari domain, mari kita lihat pengertian domain dari Wikipedia :

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

Bagaimana, sudah lebih jelas apa arti domain ?

Kalau belum terlalu paham, mengulang kembali dari kalimat awal tulisan ini, arti sederhana dari domain adalah nama dari website itu sendiri. Sebagai contoh, misalnya “www.Google.com”. Bisa tebak yang mana domainnya ?

Yap betul sekali, “Google” adalah nama domain dari website yang bernama Google. Lebih detailnya lagi, nama domain bisa kita ketahui sebelum tulisan “.com” (bisa juga .net, .co.id, dsb). Jadi misalnya ada website yang beralamatkan www.DuniaWebsite.com, sudah bisa tebak kan yang mana nama domainnya ? Hehe πŸ˜€

Nah, kalau diibaratkan rumah, maka domain itu adalah alamat dimana lokasi rumah tersebut berada. Kalau kadang klien bertanya apa itu domain, terkadang saya juga bilang bahwa domain itu adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mengarahkan orang-orang mengenai ada dimananya lokasi website kita berada di dunia maya.

Lalu bagaimana kalau ketika saya membuka sebuah website ternyata nama domainnya adalah :

www.sport.detik.com

Yang manakah nama domainnya ?

Seperti yang dibahas tadi, untuk mengidentifikasi apa nama domain dari suatu website, kita tinggal melihat kata yang tertera sebelum tulisan “.com” misalnya. Agar lebih mudah, perhatikan penjabaran dibawah ini :

Nama Domain : “Detik”

Nama Subdomain : “Sport”

“Loh ? Apalagi itu subdomain, Dandy ?”

SabarΒ  sabar. Ternyata “saudara” dari domain itu cukup banyak juga loh. Sebenarnya ada 5 jenis domain yang pernah saya pelajari, yaitu :

  1. Domain
  2. Subdomain
  3. Parked Domain
  4. Redirect Domain
  5. Add On Domain

Kita baru mempelajari nomor 1, yaitu arti dari domain itu sendiri. Selebihnya, akan saya bahas pada postingan selanjutnya. Biar ga meleduk kepalanya. Mwehehehe πŸ˜›

Nah, inilah akhir dari postingan arti dari “domain”. Pastinya sudah dapat Anda lebih mengerti sekarang ya. Semoga bermanfaat πŸ™‚

@DandyKurniadi
www.DandyKurniadi.com
Pin: 26713311

 

 

5 Cara Jitu Menentukan Nama Domain

Marwan adalah seorang penjual yang bergerak dalam bidang baju tokoh-tokoh kartun. Ia memberi nama bisnisnya tersebut dengan nama ‘Karthun Freakz’. Lalu suatu hari Marwan ingin beranjak menjadi pebisnis yang lebih serius dengan mempunyai website profesional (baca : website berbayar). Ia biasanya berjualan online menggunakan media gratisan seperti KasKus, Toko Bagus, dan Facebook untuk ‘memamerkan’ semua produk yang ia punya.

Namun saat ingin menentukan nama domain, ia cukup bingung bagaimana cara yang tepat untuk menentukan nama domain yang bisa menjual sekaligus bisa merepresentasikan produk-produk yang ia punya.

Lalu, bagaimana Marwan bisa menemukan cara jitu menentukan nama domain untuk website berbayarnya ? Berikut tips nya :

1. Masukkan Unsur Nama Barang / Jasa

Misalnya Anda seperti Marwan yang menjual baju tokoh kartun,Β  maka bisa saja Anda mengambil kata ‘kartun’ atau ‘baju’ atau bahkan kedua kata tersebut untuk dimasukkan dalam unsur nama domain Anda. Kemudian bisa jadi nama domain Anda akan menjadi

  • FreakzBajuKartun.com
  • BajuKesukaanku.com
  • TokoBajuMarwan.com
  • JualBajuKartun.com
  • dsb..

Tips pertama ini memang sangat direkomendasikan karena orang lain biasanya akan mencari nama dari barang / jasa yang Anda jual ketimbang nama merek yang Anda buat sendiri.

2. Baiknya Ada Nama Merek Barang / Jasa

Misal dari seluruh karakter kartun di baju yang Marwan jual, tokoh ‘Doraemon’Β  adalah baju kartun yang paling banyak dibeli oleh para pelanggannya. Nah oleh karena itu Anda bisa memasukkan unsur nama merek barang / jasa yang Anda punya. Sebagai contoh :

  • BajuDoraemon.com
  • KartunDoraemon.com
  • DoraemonFreakz.com
  • DuniaDoraemon.com
  • JualBajuDoraemon.com
  • dsb..

3. Pakai Nama Lokasi Tempat Anda Berjualan

Nah dengan menggunakan nama lokasi, cara ini akan lebih dahsyat jika Anda ingin lebih mempersempit lagi banyaknya orang yang mencari produk Anda di mesin pencari seperti Google. Sebagai contoh :

  • BajuTangerang.com
  • DoraemonTangerang.com
  • DesainBajuTangerang.com
  • BajuKarthunDoraemon.com
  • dsb..

Meski terlihat agak aneh, namun jika Anda ingin memakai cara ‘hard marketing’, maka dengan menambahkan unsur lokasi akan terasa perbedaannya pada domisili para pelanggan Anda nantinya. Namun tidak tertutup kemungkinan akan banyak pula orang lain di lokasi berbeda yang tetap akan memesan lewat website Anda. Cobalah πŸ™‚

Saya sendiri telah merasakan cukup enaknya punya domain website bisnis yang mempunyai unsur nama lokasi. Anda bisa membuktikan sendiri dengan mengetik “jasa pembuatan website di tangerang” pada mesin pencari (Google misalnya) dan voila! Anda akan melihat www.TangerangHosting.com akan muncul pada halaman 1 di antara ranking 1, 2, atau 3 (tidak bisa dipastikan berada di ranking mana, karena Google juga “bergerak”)

4. Beranikan Diri Jadi Seolah Sebagai Pusat Penyedia

Maksud dari tips ke-4 ini adalah Anda bisa mendeklarasikan diri sebagai pusat penyedia dari barang / jasa yang Anda jual. Contohnya :

  • DistributorBaju.com
  • SupplierBajuDoraemon.com
  • FreakzReseller.com
  • PabrikBaju.com
  • dsb..

Meski pada kenyataannya Anda memang belum menjadi supplier atau distributor, di dunia online bisa saja loh Anda mendeklarasikan diri. Yang penting biar calon pelanggan Anda mau masuk dulu kedalam website Anda. Info jelasnya, Anda bisa kan tuh cerita di halaman ‘About Us’ misalnya :p

5. Singkat

Siapa yang tak mengenal website ‘KasKus.co.id’ atau ‘Detik.com’ ? Nama domain website yang singkat tersebut sangatlah luar biasa mahal jika Anda bisa mempunyai dan memaksimalkan isi dari website tersebut. Walaupun namanya ‘Detik’ yang terkesan berunsur waktu / jam. Isi dari website tersebut ternyata menjadi pusat informasi berbagai macam kategori berita terupdate. Jadi, masih ada relevansinya, pun misal belum ada, lanjuuut terus yang penting mengahasilkan duit, ya kan ? πŸ˜€

Contoh :

  • Baju.com
  • BajuKartun.cm
  • Kartun.com
  • CariBaju.com
  • TokoBaju.com
  • dsb

Singkat tak berarti harus 1 kata saja kok. Pun nama domain website Anda sejatinya mempunyai 2 kata bahkan lebih, unsur singkat disini adalah jumlah hruuf yang tidak membutuhkan waktu banyak untuk diketik. Contoh lainnya adalah website TokoBagus.com yang mempunyai 2 suku kata dan jumlah huruf yang mencapai 9 kata. Masih tergolong singkat buat saya.

—-

Nah, itulah 5 cara jitu untuk menentukan nama domain website Anda kelak. Sebenarnya masih banyak tips-tips lainnya jika Anda ingin lebih detail lagi dalam berpikir untuk mencari nama. Misalnya seperti jangan menggunakan tanda “-” (baca: strip), hindari huruf yang jika diucap terdengar samar seperti “i” dan “y”, dan beberapa tips jitu lainnya.

Mungkin segini saja dulu yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat dan selamat menentukan nama website profesional Anda πŸ™‚

Salam online,

@DandyKurniadi
www.DandyKurniadi.com
Line: dandykurniadi
pin: 26569583

Cara Mudah Cek IP Anda

Kesulitan untuk menemukan nomor IP komputer Anda ?

Berikut cara mudah cek IP Anda dengan cukup membuka situs ini :

cara mudah cek IP anda

http://www.whatismyip.com/

Maka akan langsung muncul berapa IP Anda πŸ™‚

@DandyKurniadi
www.DandyKurniadi.com
Pin: 26713311