Belum dan Tidak

Belum dan tidak, merupakan 2 kata yang sering sekali kita dengar dalam percakapan sehari-hari. Bahkan kita sendiripun kadang suka mengucapkannya dalam beberapa kalimat tertentu.

Saat ini saya ingiiin sekali membahas mengenai 2 kata “belum” dan “tidak” ini dalam konteks ketika kita ditanya sesuatu.

Misal ketika kita ditanya :

” Sudah makan ? ”

Hampir semua orang yang belum makan biasanya menjawab “belum” ketimbang “tidak”.

Kenapa begitu ? Karena dengan jawaban “belum” ini mengindikasikan bahwa orang yang ditanya cepat atau lambat akan makan.

Lain soal jika ada pertanyaan seperti ini :

” Maukah Anda hidup miskin ?”

Saya yakin hampir semuanya akan menjawab “tidak” ketimbang “belum”.

Kenapa begitu ? Yaa siapa pula yang mau hidup miskin. Pastinya tidak mau dan tak mungkin menjawab “belum mau hidup miskin” bukan ?

Namun, jawaban apa yang sering Anda dengar jika mendengar jawaban atas pertanyaan ini :

” Apakah Anda punya uang 10 milyar rupiah ?”

Nah, mungkin Anda sudah mulai paham atas 2 kata “belum” dan “tidak” yang sedang saya singgung saat ini. Jika belum mengerti terus saja baca ya πŸ˜€

belum-dan-tidak

Saya sendiri lebih sering mendengar jawaban “tidak” ketimbang “belum” ketika mendengar jawaban dari pertanyaan di atas. Padahal, kita tidak pernah tahu hal luar biasa apa yang akan menanti kita di masa depan.

Saya pernah mendengar tentang bahasan kata “tidak”. Dengan menjawab “tidak”, biasanya otak akan langsung memotong jalur pemikiran kita. Alhasil biasanya tidak akan ada lanjutan dari hasil jawaban “tidak” tersebut.

Namun jika membahas soal jawaban “belum”, otak pun akan menjadi berpikir. Ada lanjutan dari jawaban tersebut. Paling tidak si penjawab merasa bahwa ia memang benar belum punya uang sebanyak itu.

Sudah jelas ? Tidak usah terlalu bingung, intinya ketika kita ditanya mengenai sesuatu yang baik dan menyenangkan namun kita belum mendapatkan serta merasakannya, jangan menjawab tidak, tapi jawablah BELUM!

Baik itu mengenai faktor ekonomi, pendidikan, ibadah, percintaan, dan ribuaan pertanyaan lainnya.

Jadi……

“Apakah Anda bahagia dengan hidup Anda ?”

πŸ™‚
@DandyKurniadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *