Bertahan Atau Menahan ?

Zaman semakin sulit, persaingan semakin sengit, dan permasalahan hidup kian morat-marit. Kalau tidak gesit, bisa-bisa hidup hanya cukup bahkan harus ngirit.

Itukah beberapa keluhan orang-orang saat ini ?? Memang betul zaman semakin edan, tapi ga gitu gitu juga kali 😀

Seringkali kita terjebak dalam suatu masalah yang membuat pusing kepala. Bahkan tidak sedikit orang yang sudah tidak sanggup lagi bertahan menjalani kehidupan. Alhasil ia pun seperti zombie saja, hanya menjalani rutinitas yang tidak membuat ia merasa bahagia karena tidak bisa berkembang.

Footballers defending

Bertahan hidup merupakan sebuah pilihan. Kalau mendengar cerita-cerita tentang karyawan yang sudah bekerja belasan bahkan puluhan tahun di perusahaan, keluh kesah mereka yang paling saya ingat adalah mereka hanya bisa mencukupi kebutuhan yang memang harus dikeluarkan saja, sisanya mereka tidak bisa terlalu bersenang-senang karena masih banyak “beban” yang harus ditanggung. Entah itu hutang, cicilan, asuransi, bayaran bulanan, dan lain sebagainya.

Banyak yang bilang bertahan dengan apa yang sudah dipunyai jauh lebih baik ketimbang berusaha mendapatkan lebih namun resikonya terlalu besar jika tidak berhasil. Alhasil, mereka pun hanya menahan keinginan mereka untuk mencapai kehidupan yang lebih membahagiakan.

Bahagia belum tentu harus banyak uang, belum tentu juga karena punya jabatan tinggi. Bahagia pada dasarnya merupakan alasan yang membuat kita terus menyelami semua kegiatan yang kita lakukan dengan sepenuh hati. Tidak karena unsur terpaksa, atau karena hanya harus dikerjakan agar bisa bertahan dalam menjalani hidup.

Maukah Anda terus saja bertahan dengan apa yang ada sekarang ? Atau hanya terus menahan segala keinginan yang bisa saja kita dapatkan jika mau keluar dari zona nyaman selama ini ?

Bertahan atau menahan ? Atau mungkin Anda punya jawaban lain yang lebih seru ? Semoga kehidupan kita semua kian bahagia dari hari kehari 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *