Ilmu Akhirat

Ada sebuah hadits yang perlu kita renungi bersama, karena hal ini menyangkut nama baik kita di mata ALLOH Ta’ala.

Nabi bersabda : “Sesungguhnya ALLOH ta’ala membenci setiap orang yang menguasai ilmu dunia namun bodoh tentang ilmu akhirat.” [Dishahihkan Syeikh Albani dalam. Shahih Jami’ Shagir]

Apalah artinya pendidikan tinggi atau prestasi akademis yang kita raih serta gelar yang melekat di belakang nama kita jika kita hanya menjadi makhluk yang dibenci oleh ALLOH ta’ala.

Coba kita renungkan: berapa tahun waktu yang kita habiskan untuk mempelajari ilmu dunia? Lalu kita bandingkan berapa hari dalam satu tahun kita langkahkan
kaki kita ke sebuah majelis ilmu?!

Marilah kita luangkan waktu untuk mengkaji firman ALLOH ta’ala dan
hadits-hadits Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam-, kita berusaha menguasai ilmu agama sebagaimana selama ini selama belasan tahun kita pelajari ilmu dunia.

Ingatlah, pintar dalam ilmu dunia dan kosong dari ilmu akhirat adalah sifat dasar orang-orang kafir yang telah dicela oleh ALLOH dalam QS. Ar Rum ayat 7:

“Mereka hanya mengetahui yang lahir saja dari kehidupan dunia; sedang mereka tentang kehidupan akhirat adalah lalai.”

Na’uudzubillahi min dzaalik

“Sesungguhnya Alloh Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)
Mari jadikan bulan ramadhan ini bulan mencari ilmu akhirat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *