Iman Mudah Tergoda

Selamat pagi kawan, semoga tetap semangat di bulan suci Ramadhan yang penuh dengan jamuan spesial dari Allah ya πŸ™‚

Pagi ini saya mau sharing mengenai hasil kultum yang saya dengar tadi selepas shalat Subuh di masjid dekat rumah. Saya sampai mau posting mengenai kultum kali ini karena ada 1 kalimat yang menggugah hati saya mengenai keimanan seseorang.

Saat khotib sedang kultum tadi, ia membahas mengenai kalimat syahadat yang merupakan hal wajib pertama yang harus umat Islam lakukan dalam memegang teguh Islam. Sehabis itu, kita pun harus menanam keyakinan tersebut di dalam hati agar ia senantiasa selalu terngiang dan menjadi kekuatan kita agar selalu mengingat bahwa kita adalah orang Islam yang bertakwa.

Di sela kultumnya, saya terenyuh sekali ketika khotib berkata seperti ini mengenai iman manusia yang mudah tergoda :

” Coba misalkan saya akan memberi Anda uang Rp 100juta dengan syarat jika Anda mau SEHARI saja tidak shalat lima waktu. Maukah Anda melakukannya ? “

Jleb! Rasanya seketika itu saya langsung menunduk dan berpikir bahwa benar sekali bahwasanya itu iman mudah tergoda. Terlebih oleh sesuatu yang nampak dan terasa kita butuhkan dalam proses perjalanan hidup kita. Entah itu godaan harta ataupun tahta. Jadi teringat juga tentang banyak orang yang keluar dari Islam dengan sengaja oleh karena diimingi akan diberi harta dan dijamin kehidupannya, astagfirullahaladzim πŸ™

faith-of-allah

Masih membahas mengenai kalimat pertanyaan si khotib ketika kultum tadi, ternyata ada yang nyeletuk :

“Mauuu”

Wah! Saya hanya diam dan berpikir bahwa mungkin tidak shalat sehari bagi beberapa orang Islam tidak jadi masalah ya ? Hmm..

Kemudian si khotib bilang lagi :

” Ah Anda, tidak mungkin saya memberi Anda uang Rp 100juta, wong saya saja tidak punya.”

Hahaha, kelihatannya lucu, namun jika kita menelaah lebih dalam, kita dapat melihat bahwa banyak manusia yang tertipu dengan godaan yang nampak nyata tetapi aslinya ia hanya bersifat sementara, tidak kekal. Namun ketika kita mengikuti dan mau melakukannya, maka habislah sudah kehidupan kita.

Kawan, tidaklah kita menjadi manusia yang sukses dunia dan akhirat jika kita hanya mengandalkan kekuatan diri kita sendiri saja. Bahkan dengan bantuan dari banyak orang pun, belum tentu kita bisa sukses. Oleh karena itu kita harus senantiasa membawa Allah dalam keseharian kita.

Sekiranya sharing saya pada postingan kali ini dapat menjadi pembelajaran juga pengingat untuk saya pada khususnya, dan juga kepada kawan-kawan semua. Mari kita terus menjaga dan meningkatkan keimanan kita terhadap Islam dengan selalu berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Hadits.

Selamat berpuasa ya, semoga bermanfaat πŸ™‚

@DandyKurniadi
Manusia Yang Ingin Bermanfaat Dengan Jalan Berwirausaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *