Inilah Arti Dari Domain

Rasanya hampir setiap hari kita hidup di dua dunia. Yaitu dunia nyata dan dunia maya (online). Berbicara soal dunia maya, biasanya tidak terlepas dari aktivitas di social media atau sekedar browsing untuk mendapat informasi terbaru.

Pastinya kita akan membuka sebuah situs tertentu untuk mendapat informasi yang kita cari. Baik itu nama situs website yang sudah kita ingat ataupun yang berasal dari rekomendasi mesin pencari seperti Google, Yahoo, dsb.

Sadarkah Anda, bahwa setiap nama situs website yang kita buka merupakan nama lain dari domain ?

Arti-Nama-Domain

Mudahnya, domain = nama website. Namun hal ini bukan berarti nama website (baca : domain) akan relevansi dengan konten dari website tersebut. Meski biasanya nama domain itu biasanya memang mencerminkan isi dari website itu sendiri. Semua itu memang tergantung dari yang mendaftarkan nama domain dan isi dari website yang diarahkan lewat domain tersebut.

Lanjut berbicara mengenai arti dari domain, mari kita lihat pengertian domain dari Wikipedia :

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

Bagaimana, sudah lebih jelas apa arti domain ?

Kalau belum terlalu paham, mengulang kembali dari kalimat awal tulisan ini, arti sederhana dari domain adalah nama dari website itu sendiri. Sebagai contoh, misalnya “www.Google.com”. Bisa tebak yang mana domainnya ?

Yap betul sekali, “Google” adalah nama domain dari website yang bernama Google. Lebih detailnya lagi, nama domain bisa kita ketahui sebelum tulisan “.com” (bisa juga .net, .co.id, dsb). Jadi misalnya ada website yang beralamatkan www.DuniaWebsite.com, sudah bisa tebak kan yang mana nama domainnya ? Hehe πŸ˜€

Nah, kalau diibaratkan rumah, maka domain itu adalah alamat dimana lokasi rumah tersebut berada. Kalau kadang klien bertanya apa itu domain, terkadang saya juga bilang bahwa domain itu adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mengarahkan orang-orang mengenai ada dimananya lokasi website kita berada di dunia maya.

Lalu bagaimana kalau ketika saya membuka sebuah website ternyata nama domainnya adalah :

www.sport.detik.com

Yang manakah nama domainnya ?

Seperti yang dibahas tadi, untuk mengidentifikasi apa nama domain dari suatu website, kita tinggal melihat kata yang tertera sebelum tulisan “.com” misalnya. Agar lebih mudah, perhatikan penjabaran dibawah ini :

Nama Domain : “Detik”

Nama Subdomain : “Sport”

“Loh ? Apalagi itu subdomain, Dandy ?”

SabarΒ  sabar. Ternyata “saudara” dari domain itu cukup banyak juga loh. Sebenarnya ada 5 jenis domain yang pernah saya pelajari, yaitu :

  1. Domain
  2. Subdomain
  3. Parked Domain
  4. Redirect Domain
  5. Add On Domain

Kita baru mempelajari nomor 1, yaitu arti dari domain itu sendiri. Selebihnya, akan saya bahas pada postingan selanjutnya. Biar ga meleduk kepalanya. Mwehehehe πŸ˜›

Nah, inilah akhir dari postingan arti dari “domain”. Pastinya sudah dapat Anda lebih mengerti sekarang ya. Semoga bermanfaat πŸ™‚

@DandyKurniadi
www.DandyKurniadi.com
Pin: 26713311

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *