Jangan Percaya Orang Lain

Waduh apa nih maksud dari judul saya diatas ?

Jangan percaya orang lain yang saya maksudkan adalah bahwasanya kita harus percaya terhadap DIRI SENDIRI terlebih dahulu. Banyak orang yang minder atas kemampuan dirinya sendiri. Alhasil bagi mereka yang tidak percaya terhadap dirinya sendiri, akan muncul ketergantungan terhadap kemampuan diri orang lain.

Sedih sekali jika mendengar ada seseorang yang merasa dirinya tidak berguna. Merasa tidak mempunyai skill yang mumpuni untuk dibanggakan sebagai “senjata” ia meraih tujuan serta impian atas hidupnya sendiri.

Percaya orang lain boleh-boleh saja. Bahkan kita pun memang diciptakan untuk hidup secara berpasang-pasangan. Mudahnya, kita memang dibentuk untuk menjadi makhluk sosial. Tidak mungkin hidup tanpa bantuan orang lain.

Kembali lagi pada masalah kepercayaan. Jika memang kita sudah mempunyai skill serta pengalaman yang cukup untuk diri sendiri, barulah kita bisa mulai mempercayai orang lain untuk bersinergi.

believeyourself

Mengapa begitu ? Karena jikalau kita belum mampu mengontrol diri sendiri, belum tahu POTENSI serta kemampuan apa yang kita miliki, bagaimana kita bisa bertanggungjawab terhadap orang lain ? Yang ada kita bisa menjadi bahan cemooh, atau hanya mempermalukan diri sendiri.

Ibarat kita mempunyai handphone canggih, kita tidak sadar kalau hape tersebut mempunyai fitur-fitur luar biasa yang masih banyak tersembunyi dan belum kita ketahui. Parahnya lagi, padahal kita sudah mempunyai hape tersebut sejak lama. Itulah yang dimaksud dengan kemampuan untuk mengetahui bakat diri sendiri.

Lain soal jika kita sudah tahu siapa diri kita sebenarnya. Mengutip kalimat dari Nabi Muhammad SAW :

” Barangsiapa yang mengenal dirinya sendiri, niscaya ia telah mengenal Tuhannya. ”

Percaya atau tidak, jika Anda bertanya kepada teman Anda tentang apa tujuan mereka hidup, mungkin masih banyak yang bingung dan tidak terlalu jelas jawabannya. Alasan utamanya mungkin saja mereka belum terlalu percaya terhadap diri mereka sendiri.

Pernah mendengar tentang orang yang sehat tiba-tiba jadi gila ? Orang bilang dia kehilangan KRISIS KEPERCAYAAN DIRI. Sebuah penyakit yang cukup kronis bagi saya pribadi mendengarnya.

Ah, jadi melebar omongan saya. Kesimpulannya, mulailah untuk mempercayai diri sendiri terlebih dahulu. Temukan dan bangun jati diri secara utuh agar kita senantiasa mampu untuk percaya terhadap kemampuan diri. Pada akhirnya kitapun mampu tuk bisa bersinergi dengan orang lain yang telah terbangun pula kepercayaan dirinya.

” Butuh bertahun-tahun untuk membangun suatu KEPERCAYAAN, tapi hanya butuh beberapa detik saja untuk mengancurkannya.”

Mudah-mudahan kita semua terus menjadi pribadi yang dapat dipercaya oleh orang lain. Aamiin 🙂

@DandyKurniadi
Motivator Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *