Jangan Terlalu Ngoyo

Sore ini saya makan seperti biasa dengan ibu, ayah dan adik-adik saya di meja makan. Kami makan dengan lahap dan nikmat. Alhamdulillah masih diberi rezeki oleh Allah SWT 🙂

Saat sedang makan tersebut tiba-tiba ayah saya berkata kurang lebih seperti ini :

” Kalau hidup jangan terlalu ngoyo. Santay saja sama target dan jangan di ambil pusing. Ga usah terlalu merasa terbebani. Jalani saja hidup.”

Hmm.. Awalnya saya aga bingung antara maksud dan tujuan ayah saya berbicara tersebut. Sampai selesai makan, beliau masih saja berbicara seputar kalimat diatas tersebut. Saya pun tidak menimpali, hanya diam saja sambil makan dan mendengarkan beliau dengan hormat walau ada rasa bingung dan ego saya pun muncul.

Selang beberapa menit setelah makan, saya pun naik ke kamar dan sejurus kemudian saya menjadi paham apa yang beliau maksud. Ternyata beliau masuk ke kamar saya dan melihat kembali target saya yang berada di tembok kamar. Memang ayah saya jarang main ke kamar karena berada di lantai 2. Beliau masuk karena ingin membetulkan kipas tembok yang rusak dikamar saya.

Memang target saya di tahun 2012 ini dapat dibilang terlalu tinggi. Bukan saya yang membuat ukuran, tapi orang lain yang melihat dan membacanya berkomentar seperti itu. Termasuk orang tua saya. Dari 11 target yang saya buat, baru 4 hal yang sudah benar-benar terealisasi. Ada juga beberapa yang sudah berjalan tapi belum selesai terwujud dan ada pula yang benar-benar belum saya dapatkan sama sekali.

Mungkin inilah sebabnya ayah saya lagi-lagi berkata seperti itu. Memang dulu beliau pernah menasihati seperti kalimatnya diatas. Saya pribadi jujur saja tidak terlalu memasukkan ke hati atas apa yang beliau bilang. Saya percaya bahwa setiap orang mempunyai kekuatannya masing-masing. Begitu juga dengan daya mimpi dan realisasi. Saya termasuk orang yang PERCAYA bahwa tidak ada yang dapat membatasi bahwa mimpi kita itu terlalu tinggi atau tidak, kecuali kita sendiri yang membatasinya.

Saya pun belajar untuk selalu mengambil hal yang positif dari kalimat ayah saya di atas. Apa saja hal positif itu ?

  • Santay tapi terus bergerak
  • Tahu apa yang dimau, tapi jangan berlebihan

Sisanya ? Saya tidak mau berdebat dengan ayah saya. Pun jika saya mau bilang bahwa saya mampu, saya belum bisa membuktikannya. Saya selalu ingat bahwa sehebat-hebatnya kita dalam memberitahu seseorang, hal yang paling pasti adalah dengan MEMBUKTIKANNYA bahwa Anda BISA.

Jangan terlalu ngoyo, betul sekali jika saya tidak mau bergerak tetapi terus bermimpi besar tanpa aksi nyata dan terus bergerak. Saya tahu, bahwa saya harus membuktikannya bahwa saya mampu dan bukan semata-mata untuk diri saya sendiri saja, tapi juga orang tua saya, adik-adik saya dan juga orang-orang disekitar saja di seluruh dunia.

Tetap SEMANGAT, Dandy 🙂

 

@DandyKurniadi
Motivator Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *