Jikalau Sudah Terjadi

Saya yakin dari Anda semua yang membaca tulisan ini pastilah pernah tertimpa musibah. Baik itu musibah yang ringan sampai yang dirasa berat sekali. Apa dan bagaimanapun musibah itu menimpa, paling tidak sebagian dari kita masih ada saja yang selalu terbayang atas peristiwa itu sampai sekarang.

Musibah tentu saja merupakan salah satu bagian dari skenario kehidupan yang pasti akan kita jalani. Jika dipandang dari segi positif, datangnya musibah merupakan ajang untuk melatih kebijakan, kesabaran, serta kemampuan diri kita untuk menjadi manusia yang lebih baik. Bagaikan sebuah otot, jika manusia terus ditimpa musibah namun tetap tegar menjalaninya, niscaya ia akan menjadi manusia yang bijak luar biasa.

gods-plan

Memang, tertimpa musibah itu hampir tidak ada enaknya. Ada saja orang yang secara berlebihan mendramatisir atas musibah yang menimpa dirinya. Meskipun memang pahit kenyataannya, haruskah seperti itu ?

Jikalau sudah terjadi, ya mau diapakan lagi ? Ketimbang mengeluh dan bermuram durja, lebih baik bersyukur saja. Setidaknya kita masih bisa TERUS menjalani hidup ini meski (mungkin) ada bagian yang tidak bisa lagi kembali dalam kehidupan kita.

Sedikit contoh musibah adalah ketika tadi malam kaki kanan saya terkena knalpot motor. Lucunya motor tersebut sudah dilengkapi dengan pelindung knalpot agar tidak terjadi kontak langsung jikalau kaki kita tidak sengaja menyentuhnya. Namun jika musibah sudah melanda, apa mau dikata sayapun kena juga.

Aneh ya ? Ya begitulah, awalnya saya merasa sedih juga bercampur kesal. Sudah waktu itu hujan deras dan saya terpaksa harus berteduh dulu dengan kaki yang mulai melepuh. Alhasil saya hanya bisa menangani sakit dengan apa adanya.

Begitulah, jikalau sudah terjadi ya IKHLASkan saja. Saya pun masih terus belajar untuk memetik setiap kejadian yang saya alami baik itu menyenangkan ataupun tidak sama sekali. Percayalah, dengan MENERIMA musibah yang datang menimpa, kita akan menjadi pribadi yang lebih bersyukur atas kehidupan.

Eits, jangan juga hanya pasrah ya, tetaplah berusaha untuk MEMPERBAIKInya. Jadilah orang yang lebih waspada, mawas diri, dan terus ingat kepada sama Ilahi pemilik dunia ini, aamiin. ๐Ÿ™‚

@DandyKurniadi
Motivator Penyemangat Diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *