Kerjakan Dengan Sepenuh Hati

Kerja dengan benar dan tepat waktu merupakan tugas dari setiap pekerjaan yang kita lakukan. Hal tersebut pastilah sudah menjadi landasan utama kenapa seseorang bisa terus bertahan dengan pekerjaannya. Jika kerja dengan benar, otomatis beban pikiran pun semakin berkurang dan hati terasa lega karena tuntutan pekerjaan telah terselesaikan.

sepenuh-hati

Saya sendiri berusaha menggali lebih dalam apa itu arti dari sebuah pekerjaan yang baik. Yang tidak hanya menurut saya terselesaikan, tetapi orang lain pun merasa puas dan salut atas apa yang saya kerjakan. Dalam artian, apa yang saya lakukan tersebut tidak hanya menjadi sekedar beban ataupun tugas, tetapi dapat menjadi satu kepuasan untuk diri sendiri.

Kerjakan dengan sepenuh hati.”

Kalimat tersebut sering sekali muncul dalam pikiran saya. Sejauh saya berbisnis baik itu sendiri maupun berpartner dengan orang lain, saya terus saja terbayang apakah pekerjaan-pekerjaan yang telah ataupun sedang saya lakukan sudah sepenuh hati ? Apakah saya benar-benar telah mencurahkan seluruh kemampuan saya atas hasil yang saya buat dalam setiap pekerjaan tersebut ?

Begitulah, dengan belajar terus untuk mengerjakan sesuatu dengan sepenuh hati bukanlah hal yang mudah. Kadang faktor kejenuhan, lelah, bahkan mood dapat menjadi hambatan besar yang membuat pekerjaan kita tidak dilakukan dengan sepenuh hati. Jikalau sudah begitu, kembali lagi dengan kalimat awal saya di paragraf atas, yaitu kita hanya sebatas mengerjakan tugas kita saja, titik.

Lalu bagaimana caranya agar setiap pekerjaan yang kita lakukan dilandasi dengan hati yang tulus ? Bukan karena faktor orang lain kita melakukan pekerjaan tersebut, tetapi kembali lagi semua yang dilakukan atas dasar kepuasan untuk diri sendiri, karena hati yang ikhlas dan senang melakukannya ?

Saya sendiri mempunyai beberapa tips dengan berdasar atas pengalaman pribadi juga ditambah dengan apa yang pernah saya baca, lihat, dan dengar dalam perjalanan kehidupan saya pribadi :

1. Setimpal Dengan Hasil

Pekerjaan yang saya lakukan dengan sepenuh hati biasanya berdasar dengan hasil yang akan saya dapat. Mungkin bagi beberapa orang hal ini terkesan terlihat karena ada maunya. Bagi saya, jika saya sudah menemukan pekerjaan ataupun aktivitas yang membuat saya senang, kemudian hasil dari pekerjaan tersebut membuat saya lebih berkembang dalam hal ekonomi, sosial, agama, maupun kesehatan, saya pasti akan lebih SEMANGAT dan lebih bertenaga. Faktor utamanya karena hati saya begitu merasa riang atas perasaan yang akan dibayangkan jika hal tersebut BERHASIL saya capai atau selesaikan.

2. Jejak Kehidupan Di Perjalanan Hidup

Siapa yang tidak mau hidupnya dapat dikenang dengan baik oleh semua orang ? Dengan mengerjakan sesuatu yang dilakukan dengan sepenuh hati, biasanya saya tidak akan bosan melihat kembali hasil pekerjaan yang telah saya selesaikan itu. Disamping hasil yang saya dapatkan setimpal bahkan kadang melebihi ekspektasi, pikiran serta perasaan saya pun merasa turut tersenyum puas karena saya sudah membuat “jejak” yang baik dalam perjalanan hidup saya.

3. Pengembangan Kemampuan Diri

Tidak ada hasil yang terbaik ! Rasanya jika menjadi manusia yang cepat puas tidaklah membanggakan, walaupun pekerjaan yang sepenuh hati telah saya lakukan ditambah dengan seluruh kemampuan terbaik saya telah saya curahkan disana. Jika dilihat dalam sisi yang berbeda, hasil-hasil yang telah saya buat tersebut HARUSlah membuat kemampuan diri saya terus meningkat. Jangan sampai dalam selang waktu 1 tahun misalnya saya melakukan sesuatu yang sama kembali, hasilnya tetap sama pula. Harusnya saya mempunyai hasil yang LEBIH BAIK karena kemampuan serta pengalaman saya telah berkembang dan makin terasah.

Itulah 3 hal yang mendasari saya melakukan sesuatu itu dengan sepenuh hati. Walau bagaimanapun, tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Seperti layaknya bekerja, tidak semua pekerjaan dapat berjalan dengan mulus dan baik. Oleh karena itu, marilah terus merasa ikhlas dan sepenuh hati dalam mengerjakan setiap aktivitas yang kita lakukan dalam hidup ini.

” Hasil terbaik bukanlah berasal dari pengalaman serta kemampuan diri sendiri, tetapi berdasar pada hati yang tulus dalam melakukannya. ”
(Dandy Kurniadi)

Tetap semangat 🙂

@DandyKurniadi
Motivator Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *