Penting Dan Tidak Penting

Hidup adalah pilihan, begitu juga dengan segala sesuatu yang kita kerjakan di dunia ini. Apapun itu merupakan pilihan yang kita ambil. Sadarkah kita bahwa setiap harinya kita selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan ? Semua pilihan yang baik atau buruk tersebut kita lakukan dari bangun tidur sampai mau tidur kembali.

Beragam pilihan dalam hidup ini selalu menyertai aktivitas kehidupan kita sehari-hari. Jika kita mau berhenti sejenak dan merenung, “Apakah pilihan-pilihan yang saya putuskan dalam kehidupan selama ini semuanya sudah tepat ?”

choice

Saya yakin sekali hampir semua orang pernah melakukan pilihan yang salah. Sudah sangat wajar jika kita pernah melakukan pilihan yang salah dalam memutuskan sesuatu. Tapi jika kita meneliti lebih dalam, sebenarnya semua pilihan kita tersebut merupakan jalan hidup yang kita ambil. Hal yang berikutnya harus kita lakukan adalah dengan mulai memilih dan memilah hal yang penting dan tidak penting dalam rutinitas kehidupan kita.

Misal ada orang yang biasanya tidak fitness, tiba-tiba saja ia mengeluarkan uang Rp 300.ooo setiap bulannya untuk biaya ia fitness. Padahal ia masih mempunyai hutang yang memang cukup membuat beban pikiran. Menurut Anda, apakah fitness tersebut lebih penting daripada melunasi hutang terlebih dahulu ?

Hal yang tidak penting sering sekali kadang kita pilih karena hal tersebut terlihat lebih menarik daripada hal yang penting. Kadang hal tidak penting yang bersifat sepele dapat berimbas buruk kepada kualitas kehidupan kita. Simak saja orang yang yang mencoba untuk merokok karena alasan mampu menenangkan pikiran. Saya yakin Anda semua percaya bahwa rokok itu memang tidak penting hadir dalam kehidupan kita, tapi banyak sekali orang yang membuat hal tersebut menjadi penting untuk dipilih. Alhasil mereka terjebak kepada rokok yang tidak penting tersebut. Anda pun pasti sudah tahu apa bahaya dari merokok itu sendiri.

Begitulah, sebaiknya memang kita harus rajin bertanya dan mengkaji ulang pilihan-pilihan yang telah kita lakukan setiap harinya. Dengan merencanakan ulang kembali hal yang akan dan harus lakukan serta memilah hal yang penting dan tidak penting tentunya dapat meningkatkan kualitas kehidupan kita kelak.

Salah satu contoh hal tidak penting yang pernah saya lakukan adalah ketika waktu itu saya masih mengembangkan bisnis TakoTaki saya. Uang yang serba pas-pasan dan terus digunakan untuk memutar modal malah saya gunakan untuk membeli sebuah bisnis baru. Memang harga bisnis tersebut cuma seharga tidak hampir Rp 500.ooo, tapi pada akhirnya keputusan saya untuk mengambil bisnis baru tersebut ternyata tidak penting. Malah saya tidak memakai alat tersebut karena baru terpikir untuk apa saya sudah membuka bisnis baru, padahal bisnis yang lama saja belum terbangun dengan kokoh ?

Ayo kita belajar untuk lebih bijak memilih mana yang penting dan tidak penting dalam kehidupan kita ini agar senantiasa menjadi pribadi yang lebih bermanfaat.

@DandyKurniadi
Motivator Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *