Pentingnya Prosedural Bisnis

Bagi Anda yang sudah mempunyai bisnis, tentunya cepat atau lambat harus berkembang bukan ?

Seiring berjalannya waktu, bisnispun pasti akan terus berevolusi untuk menjadi lebih baik dan diminati oleh banyak orang. Dengan banyaknya tipe dan karakter pembeli saat ini, kita sebagai pebisnis haruslah mempunyai sebuah sistem yang dapat menyamaratakan kinerja bisnis agar tidak terjadi miss communication atau yang lebih parah hilangnya calon pembeli karena prosedural bisnis yang kurang jelas.

business-prochedure

Dalam bisnis online, saya sendiri mempunyai prosedural bisnis yang dibagi menjadi :

Datangnya Calon Pelanggan » Penjelasan Bisnis (Produk / Jasa) » Transaksi » Pengiriman » Kepastian Barang Sampai » Service After Sales

Prosedural yang mungkin aga aneh bahasanya karena itu bahasa saya sendiri, hehe. Meskipun begitu, intinya dari hulu ke hilir dalam prosedural bisnis kita haruslah jelas. Apa dan yang berikutnya harus dilakukan oleh kita dan pembeli haruslah jelas.

Prosedural diatas adalah prosedur ketika calon pelanggan “menangkap” umpan kita di website, social media atau media lainnya, dimana tempat tersebut menjadi wadah kita untuk berpromosi.

Ketika mereka tertarik, biasanya secara otomatis mereka akan menghubungi kita sebagai penyedia produk. Kemudian mereka akan bertanya seputar informasi produk yang kita jual. Lalu saat sudah jelas, biasanya merekapun akan bertanya bagaimana metode pembayarannya. Ketika transaksi sudah terjadi, pembeli tersebut diharuskan mengisi data untuk pengiriman barang. Akhirnya, barang akan dikirim dan ketika sampai biasanya mereka masih bertanya seputar pengoperasian produk atau sekedar memastikan saja. Service after sales kemudian harus senantiasa harus kita lakukan agar mereka puas atas pelayanan yang kita berikan sebagai penjual.

Saya sering sekali mendapat banyak cerita tentang online shop yang kurang banyak peminat. Ada pula yang sudah berjalan cukup lama, menjual produk yang bagus, tapi sepi pelanggan. Alasan kenapa bisa terjadi seperti itu salah satunya bisa terjadi karena prosedural bisnis yang mereka buat kurang benar.

Jadi, jika Anda memang serius berbisnis baik itu offline apalagi online, prosedural bisnis sangatlah penting agar calon pembeli dan pelanggan Anda mengerti bagaimana tata cara yang benar berbelanja di tempat Anda. Hal inipun akan mengurangi dampak para pembeli yang kadang ragu dengan bisnis Anda.

Semoga bermanfaat 🙂

@DandyKurniadi
Motivator Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *