Segala Sesuatu Yang Bernyawa Pasti Akan Mati

Alhamdulillah, dibulan puasa yang benuh berkah dan ampunan ini saya masih diberi kesempatan untuk beribadah dan bertaubat untuk senantiasa memperbaiki diri.

” Segala Sesuatu Yang Bernyawa Pasti Akan Mati ”

Itulah tema ceramah yang saya dapatkan pagi ini sesudah shalat subuh berjamaah tadi. Sebuah kultum yang menggugah hati saya bahwasanya hidup di dunia ini hanyalah sementara. Tidak ada yang abadi, semua pasti mati.

Jika kita dapat merenungi lebih dalam tentang tema tersebut, ada 3 hal yang dapat direnungi :

1. Dunia hanya tempat untuk bersinggah

Ibarat kata perjalanan, dunia hanyalah tempat kita mampir sementara untuk minum. Akhiratlah yang menjadi tujuan utama kita singgah sementara didunia ini. Jangan terlena dengan apa yang ada di dunia. Ingatlah bahwa dunia ini adalah fana, akhirat adalah nyata dan kekal didalamnya.

2. Jangan hidup bebas dan seenaknya

Segala sesuatu di dunia ini sudah diatur hukumnya oleh yang Maha Kuasa. Bahkan pemerintah pun sudah dapat membuat hukum sendiri agar masyarakatnya tidak berbuat bebas dan seenaknya.

Oleh karena itu kita harus senantiasa memahami arti dari tujuan kita hidup. Bertaqwa kepada Allah SWT merupakan jalan yang harus kita tempuh agar senantiasa mendapat ridho-Nya.

3. Carilah bekal pahala sebanyak-banyaknya
Kita pun pada saat ini sudah memulai perjalanan di dunia dengan hidup untuk menjalankan perintah-Nya serta menjauhi segala larangan-Nya. Persinggahan sementara ini semata-mata hanya untuk mencari bekal pahala yang sebanyak-banyaknya agar kita dapat mencapai surganya Allah SWT di akhirat kelak.

Pada akhirnya, menjadi pribadi yang baik serta bermanfaat bagi manusia lain merupakan hal yang harus kita tanamkan sejak dini. Terus membiasakan untuk berbagi dan ikhlas memberi merupakan ladang pahala agar hidup didunia bisa menjadi lebih bermakna dan tak sia-sia.

Marilah kita semua yang saat ini masih diberi nyawa oleh-Nya untuk senantiasa bersyukur atas apa yang kita peroleh saat ini. Jangan cepat puas dan lakukanlah yang terbaik setiap hari.

Agar hidup didunia semakin berwarna dengan Allah sebagai sandaran utama.

Tetap SEMANGAT 🙂

@DandyKurniadi
Motivator Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *