Tahu Diri

Pernahkah Anda bekerjasama dengan orang lain ? Baik itu Anda yang mengajak kerjasama, atau Anda yang diajak kerjasama oleh rekan Anda.

Kerjasama merupakan suatu hal yang dilakukan untuk meraih suatu tujuan tertentu dengan cara menyelesaikannya secara bersama-sama. Masing-masing pihak dalam tim kerjasama tersebut dituntut untuk menyelesaikan tugas dari hasil kesepakatan kerjasama yang sudah dibuat. Dengan bekerjasama tentunya kita dapat menghemat banyak waktu, uang, serta tenaga.

Bekerjasama memang lebih nikmat ketimbang melakukan segala sesuatunya sendiri. Terlebih jika berbicara soal tujuan besar yang ingin diraih. Tentunya hampir mustahil jika kita melakukannya hanya dengan seorang diri.

Namun dalam perjalanannya, proses bekerjasama kadang mempunyai hambatan tersendiri. Masalah yang biasanya terjadi dalam proses bekerjasama adalah sering terasanya beban pekerjaan yang tidak sesuai, proses bekerja yang tidak seirama dengan anggota kerjasama yang lain, sampai pada masalah pihak kerjasama yang dirasa terlalu banyak memerintah.

Salah satu masalah yang sering menimpa orang yang mengajak kerjasama pihak lain adalah tidak tahu dirinya pihak yang diajak kerjasama. Kadang si pihak pengajak kerjasama sudah memberikan yang dibutuhkan untuk rekan kerjasamanya, namun pada kenyataannya si pihak yang diajak kerjasama tidak memberikan konstribusi atau hasil yang diinginkan.

Alhasil si pengajak kerjasama merasa bahwa si pihak yang diajak kerjasama tidak tahu diri. Entah itu ia merasa bahwa rekannya hanya memanfaatkannya saja, atau hanya sebatas kerja namun tidak sepenuh hati.

Bagaimanapun jika kita mengajak atau diajak kersama orang lain, kita harus tetap tahu diri. Jika kita mempunyai modal atau konstribusi yang lebih besar, jangan sampai kita malah jadi seperti bos yang memerintah anak buah.

tahu-diri

Namun jika kita menjadi orang yang diajak kerjasama dan hanya bermodal diri sendiri saja, jadilah orang yang sepenuh hati mengerjakan proses kerjasamanya. Jangan sampai kita menjadi pihak yang hanya bisa memanfaatkan kebaikan orang lain oleh karena kita sudah merasa bekerja keras namun pada kenyataannya kita belum banyak berbuat apa-apa.

Tahu diri merupakan kunci sukses untuk tetap mengukur sejauh apa orang lain memandang hasil pemikiran serta pekerjaan yang telah kita lakukan dalam proses bekerjasama.

Semoga kita menjadi pribadi yang selalu tahu diri dalam kejadian apapun yang kita lalui dalam perjalanan kehidupan ini, aamiin.

@DandyKurniadi

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *