Tak Ada Bisnis Yang Tak Rugi

” Tak ada bisnis yang tak rugi ”

Jika kita membaca dan menelaah kalimat diatas, sebenarnya ada 2 hal yang dapat dijabarkan dengan menarik.

Apa itu ??

” Bisnis ” dan ” Rugi ”

Siapa dari Anda yang belum berbisnis ? Ah..Baik yang belum atau sudah berbisnis pasti semua sudah tahu bahwa bisnis itu adalah suatu keharusan pada saat ini.

Lalu, siapa dari Anda yang pernah rugi ? Baik itu rugi uang, tenaga, dan juga waktu ? Pastinya dari Anda semua pernah merasakan ketiga kerugian hal tersebut.

” Tak ada bisnis yang tak rugi ”

Teringat sebuah cerita bahwa ada seseorang yang baru memulai berbisnis untuk mengikuti jejak ayahnya yang sudah sangat sukses. Singkat cerita ia pun langsung mengalami kerugian, hampir bangkrut malah di debut pertamanya berbisnis.

Sedih rasanya si anak tersebut, ia pun bercerita kepada ayahnya perihal kerugian yang ia alami.

Usut punya usut, ayahnya malah menepuk pundaknya.

” Wah bagus nak, sekarang kamu sudah tahu bahwa bisnis itu tidaklah semudah yang engkau pikirkan. Walaupun kamu rugi, hal itu sangat baik untuk mental bisnismu. Jangan ruginya yang kamu pikirkan, akan tetapi pelajarilah apa saja hal-hal yang membuat kamu menjadi rugi. ”

Lalu pada akhirnya, si anak tersebut berhasil membangun bisnisnya menjadi besar dan kuat.

Naaah..Dari cerita sangat singkat di atas dapat kita pahami bahwa pengalaman sangatlah penting.Walau cerita di atas bukan pengalaman dari saya pribadi :p

Kadang, walau bisnis kita sudah baik dari segala aspek pemasaran, sistem, maupun harga. Kerugian akan bisa terjadi dibisnis Anda. Entah karena faktor internal, maupun faktor eksternal.

” Tak ada bisnis yang tak rugi ”

Jadi, jangan terfokus kepada kerugian yang kita alami. Pelajarilah hal-hal yang membuat kita mengalami kerugian tersebut, temukan SOLUSI dan teruslah maju tanpa henti.

Karena bisnis seperti roda, ada kalanya naik, ada kalanya turun. Di atas atau dibawah, untung atau rugi.

Tetap SEMANGAT untuk berbisnis apapun yang terjadi 🙂

Dandy Kurniadi TakoTaki
Motivator Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *