Takut Salah

Sebagian besar orang menganggap bahwa takut salah adalah hal yang wajar. Terlebih jika mereka yang melakukan suatu hal yang baru. Jadi sangat wajar jika merasa takut salah.

Membahas seputar ‘takut salah’ ini sangatlah menarik. Saya sendiri pun terkadang masih merasa takut salah jika melakukan suatu hal yang baru. Bahkan, suatu hal yang sering kita lakukan pun bisa saja muncul perasaan takut salah. Sekali lagi perasaan tersebut memang ada dalam diri kita sebagai manusia yang berpikir.

takut-salah

Namun, jika kita meneliti lebih lanjut. Sejauh pengalaman yang saya lalui perasaan takut salah ini sangatlah menyenangkan jika kita telah melakukan hal yang kita takutkan tersebut dan berhasil untuk dilalui. Perasaan lega akan menghampiri bagi mereka yang telah berhasil menggebrak perasaan takut tersebut.

Saya pun punya 1 kalimat untuk merangkum kalimat-kalimat di atas :

” 1 aksi dapat mengalahkan 1000 teori. ” (Dandy Kurniadi)

Ya, betul sekali! Perasaan takut salah ini dapat segera kita musnahkan dengan melakukan ACTION !! Segeralah menantang diri Anda dengan segera melakukan apa yang menurut Anda tersebut dapat terjadi kesalahan.

Fokuslah pada HASIL yang akan didapatkan jika takut salah. Nikmati proses yang dilalui dengan merasa bisa mengerjakannya walau dirasa belum sempurna. Alhasil, insya Allah Anda akan dapat hasil yang diinginkan.

Bagaimana jika perasaan takut salah tersebut menjadi kenyataan ? Misal ketika Anda baru memulai bisnis, lalu takut merasa salah dalam memilih lokasi ?

Menurut hemat saya, kita tidak perlu cemas dan merasa bodoh. Ingatlah, yang penting Anda sudah ACTION ! Jika memang salah, jadikan hal tersebut menjadi PENGALAMAN. Ketimbang Anda dirundung rasa penasaran karena terus merasa takut salah tapi tidak melakukan aksi sama sekali.

Hal salah yang sudah terjadi, tinggal diperbaiki saja bukan ? Selalu ingat, dimana ada masalah, disana ada solusi. Yang penting, terus beraksi tuk meraih mimpi 🙂

#beaDANDY

@DandyKurniadi
Motivator Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *