Tidak Ada Yang Mahal

Serius ! Tidak ada yang mahal di dunia ini. Masih belum percaya ?

payless-for-everything

Mungkin bagi Anda harga sebuah iPhone 5 adalah handphone yang mahal. Saya pun setuju, tapi jika Anda adalah seorang bintang sepakbola seperti C. Ronaldo, apakah iPhone 5 itu mahal harganya ?

Jadi, mahal atau murah itu merupakan sesuatu yang tergantung. Ya, tergantung pendapatan, tergantung harta, tergantung tahta, tergantung kerjaan Anda, pokoknya tergantung apa saja yang biasa menjadi tolak ukur kesejahteraan di dunia.

Miris ya ? Sekali lagi, jika Anda masih merasa segala sesuatunya mahal, mungkin Anda belum mampu saja. Belum ada uangnya, atau memang tidak merasa membutuhkannya.

Saya pribadi tidak akan langsung menilai segala seuatu tersebut apakah mahal atau tidak. Yang saya lakukan adalah berpikir apakah dampak yang akan saya dapatkan jika saya membeli sesuatu yang saya anggap mahal tersebut.

Sebagai contoh dulu saya pernah mengikuti sebuah seminar tentang bagaimana cara meraup uang di internet. Seminar tersebut sangat menarik perhatian saya karena hal tersebut merupakan salah satu topik kesukaan saya. Walau pada saat itu saya belum punya uang banyak, saya memberanikan diri mengikuti seminar tersebut di salah satu hotel di Jakarta. HalΒ  itulah kali pertama saya membayar cukup mahal untuk sebuah seminar.

Belum sampai disitu, setelah mengikuti seminar yang menyenangkan dan membuka banyak sekali wawasan baru bagi saya tersebut, sang MC kemudian memberitahukan seputar pelatihan mengenai praktik langsung untuk meraup uang di internet. Sebagai info, untuk mengikuti seminar tersebut saya membayar tiket Rp 500.000, hal itu saja sudah membuat saya yang saat itu masih menjabat sebagai mahasiswa sudah cukup “berat’, hehe.

Kemudian berlanjut jika ingin mengikuti langsung pelatihan yang di seminarkan tadi saya harus merogoh kocek sebesar Rp 10.000.000,- pada awalnya, namun pada akhirnya si MC memberikan promo untuk mengikuti training tersebut cukup dengan membayar 5 juta rupiah saja. Waw !!! Tetap saja harga segitu masih tergolong mahal untuk saya yang masih mahasiswa ini. Saat itu saya langsung diam, tetapi di lain sisi saya tidak mau menganggap hal itu mahal karena saya berpikir tentang MANFAAT yang akan saya dapatkan jika saya mau membayar “mahal” pengorbanan uang saya tersebut untuk mendapatkan ilmu luar biasa dari hasil pelatihannya.

Alhasil, saya berpikir keras pada saat itu bagaimana cara untuk mendapatkan uang sebesar itu. Terlebih saat itu saya baru saja memulai bisnis online yang hasilnya belum seberapa. Saat itu pula saya merasa yakin bahwa dengan mengikuti pelatihan tersebut merupakan jawaban dari doa saya selama ini. Tanpa berpikir panjang, saya pun mendaftarkan diri dengan membayar DP sebesar Rp 1 juta dengan uang tabungan saya. Langsung deh saya cukup dag dig dug melihat isi rekening yang terkuras habis.

Singkat cerita, akhirnya saya berhasil mengikuti pelatihan tersebut dan menjadi angkatan pertama. Uang sisa yang harus dibayarkan pun berhasil saya dapatkan meski ada yang bermodal hutang. Lalu tahukah Anda ? Dari hasil saya membayar uang Rp 5juta tersebut, 2 tahun setelah itu saya berhasil mendapatkan uang puluhan juta dari hasil pengembangan training yang saya ikuti πŸ™‚

Jadi, masih merasa bahwa ada sesuatu yang mahal di dunia ini ?

@DandyKurniadi
Praktisi Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *